4.366 Hewan Ternak di Kota Depok Belum Terindikasi Penyakit Mulut dan Kuku

Seorang penjual sapi ketika meninjau penjualan sapi di Depok. Foto: Antara/Feru Lantara) Seorang penjual sapi ketika meninjau penjualan sapi di Depok. Foto: Antara/Feru Lantara)

Depok: Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Depok melakukan pemeriksaan sebanyak 4.366 ekor hewan ternak di sejumlah peternakan di wilayahnya. Hasilnya, belum ditemukan indikasi penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Hingga 20 Mei 2022 kami telah memeriksa sebanyak 4.366 ekor hewan ternak. Kesimpulannya tidak ditemukan indikasi penyakit eksotis atau penyakit mulut dan kuku," ungkap Kepala DKP3 Kota Depok, Widyati Riyandani, dikutip dari Antara, Sabtu, 21 Mei 2022.

Widyati mengatakan pemeriksaan dilakukan di 103 peternakan dari total hewan ternak yang diperiksa. Adapun jumlah peternakan di kecamatan Kota Depok yang diperiksa mencapai 11 kecamatan.

Baca: Kabar Buruk! 381 Sapi di Garut Terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku

Kecamatan itu tersebar di Beji tiga tempat, Bojongsari 11 tempat, Cilodong tujuh tempat, Cimanggis dua tempat, dan Cipayung 13 tempat. Kemudian, Pancoran Mas delapan tempat, Sawangan 13 tempat, Sukmajaya empat tempat, Tapos 35 tempat, Cinere lima tempat, dan Limo dua tempat.

"Pemeriksaan dilakukan kepada 2.960 ekor sapi, 720 ekor kambing, 661 ekor domba, dan 25 ekor kerbau," tutur dia.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, sebanyak 4.352 ekor hewan ternak dinyatakan sehat. Sementara 14 ekor lainnya mengalami gejala sakit ringan seperti luka, diare, gangguan pernapasan ringan dan tidak nafsu makan.



(UWA)

Berita Terkait