RS Waled Cirebon Siap Tangani Pasien Positif Cacar Monyet

Direktur Utama (Dirut) RSUD Waled dr Mohammad Luthfi saat memberikan keterangan di Cirebon, Jawa Barat, Senin (13/11/2023). (ANTARA/Fathnur Rohman) Direktur Utama (Dirut) RSUD Waled dr Mohammad Luthfi saat memberikan keterangan di Cirebon, Jawa Barat, Senin (13/11/2023). (ANTARA/Fathnur Rohman)
Cirebon: Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waled di Kabupaten Cirebon menyatakan siap merawat dan menangani pasien positif cacar monyet. RSUD Waled sudah menyiapkan 30 ruang isolasi khusus serta tim khusus untuk menangani pasien positif terjangkit cacar monyet.

“Untuk kasus cacar monyet itu kami ada ruangan khusus untuk isolasi, jadi bila ada kasusnya akan ditempatkan di situ. Total ruang isolasi itu ada 30 bed atau tempat tidur,” kata Direktur Utama (Dirut) RSUD Waled dr Mohammad Luthfi dilansir dari Antaranews, Senin, 13 November 2023.
 

RSUD Waled memiliki tim khusus yang terdiri dari tenaga profesional multidisipliner seperti dokter spesialis penyakit dalam, mikrobiologi klinik, hingga patologi klinik. Seluruh penanganan berstandar penanganan infeksi.

“Kita seting ruangannya itu khusus untuk kasus infeksi dan infeksi menular. Kami juga memiliki tim pencegah infeksi nosokomial,” ujarnya.

Luthfi mengakui belum ada laporan pasien positif cacar monyet yang dirujuk ke RSUD Waled. Namun, pihaknya sudah berjaga-jaga.

Kepala Dinas Kesehatan Cirebon dr Neneng Hasanah menyebut Pemkab Cirebon bergerak cepat menangani satu pasien yang positif mengidap cacar monyet. Pasien itu telah menjalani isolasi secara mandiri dan kondisi tubuhnya relatif stabil.

“Sempat mengalami gejala, namun kondisinya sehat,” ujar Neneng.

Untuk menangani penyakit tersebut, Pemkab Cirebon telah menyiapkan sebanyak 12 rumah sakit dan 60 puskesmas yang ada di daerahnya.

(SUR)

Berita Terkait