Kebakaran TPA Pasir Bajing Diduga Disengaja, Polisi Lakukan Penyelidikan

Sumber: Facebook/Infobanyuresmi/Situbagendit Sumber: Facebook/Infobanyuresmi/Situbagendit

GARUT: Polres Garut tengah mendalami kasus kebakaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pasir Bajing di Garut, Jawa Barat, yang terjadi selama dua pekan. Pendalaman dilakukan karena adanya indikasi kesengajaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Meski begitu, Kapolres Garut, AKBP Rohman Yonky mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan terkait dugaan adanya kesengajaan dalam kejadian ini.

“Soal ada indikasi disengaja kami belum bisa jawab, tentunya butuh pendalaman lagi, penyelidikan lebih dalam terkait penyebabnya,” kata Rohman, dikutip dari Instagram @infogarut, Rabu, 26 Juli 2023.

Polres Garut berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Garut dan Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Garut tengah melakukan penanganan lanjutan kebakaran. Api sudah berhasil dipadamkan sejak Minggu, 23 Juli 2023 lalu.

Sebelumnya, TPA Pasir Bajing mengalami kebakaran selama dua pekan. Setelah berhasil padam, kebakaran sempat terjadi lagi. Warga yang tinggal di sekitar TPA tersebut pun terganggu karena asap tebal.

Warga sempat menutup TPA tersebut sebagai bentuk protes. Mereka mengharapkan ada upaya efektif terkait pengurangan asap yang dilakukan oleh pihak terkait. Penutupan ini berdampak pada keterlambatan pengangkutan sampah.

(SUR)

Berita Terkait