Unik! Satlantas Cirebon Sosialiasasi Berkendara Aman dengan Aksi Teatrikal

Petugas Satlantas Polres Cirebon Kota melakukan aksi teatrikal saat sosialisasi berkendara aman di Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (6/10/2022). (ANTARA/Khaerul Izan) Petugas Satlantas Polres Cirebon Kota melakukan aksi teatrikal saat sosialisasi berkendara aman di Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (6/10/2022). (ANTARA/Khaerul Izan)

Satlantas Polres Cirebon Kota, Jawa Barat, menggelar sosialisasi berkendara aman kepada pengguna jalan dalam rangka Operasi Zebra Lodaya 2022. Uniknya, petugas melakukan sosialisasi dengan aksi teatrikal. 

"Aksi teatrikal ini kami lakukan dan tunjukkan kepada pengguna jalan, agar lebih berhati-hati," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cirebon Kota AKP Triyono Raharja dikutip dari Antara, Kamis, 6 Oktober 2022. 

Triyono mengatakan aksi itu dilakukan untuk memberi contoh bahwa kelengkapan berkendara, seperti penggunaan  helm berstandar SNI, celana panjang, sepatu dan alat pengaman lainnya sangat penting. Untuk meminimalisasi risiko kecelakaan, ia juga meminta para pengendara mematuhi aturan lalu lintas.

"Karena ketika tidak melengkapi kelengkapan berkendara dan kemudian terjadi kecelakaan, maka fatalitas akan cukup parah," tutur Triyono.

Ia mengatakan Operasi Zebra Lodaya 2022  dilakukan mulai tanggal 3 sampai 16 Oktober 2022. Operasi itu lebih menitikberatkan untuk edukasi, dan sosialisasi kepada masyarakat pengendara baik sepeda motor maupun mobil, agar lebih menaati aturan berlalu lintas.

Triyono  menyebut sebanyak 200 lebih pengendara telah diberi belangko teguran selama tiga hari pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2022. Para pengendara rata-rata melanggar aturan lalu lintas seperti  melawan arus, tidak menggunakan helm, dan tidak memakai sabuk pengaman. 

Namun, para pengendara tersebut tidak diberikan surat tilang, dikarenakan pada Operasi Zebra Lodaya 2022 lebih mengedepankan edukasi dan sosialisasi.

BACA: Polres Cirebon Peringati HUT ke-77 RI dengan Bagikan Sembako kepada Warga Kurang Mampu



(UWA)

Berita Terkait