Rumah Tak Berpenghuni Tiba-Tiba Kebakaran Usai Gempa Sukabumi

Seorang petugas tengah meninjau lokasi bencana kebakaran yang terjadi di Kampung Citampian, RT 36/08, Desa Bantarsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Rabu, (16/3). ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi Seorang petugas tengah meninjau lokasi bencana kebakaran yang terjadi di Kampung Citampian, RT 36/08, Desa Bantarsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Rabu, (16/3). ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi
Dadali: Rumah tak berpenghuni berukuran 36 meter persegi yang berada di Kampung Citampian, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tiba-tiba kebakaran usai diguncang gempa bumi magnitudo 5,3 yang terjadi pada Rabu, 16 Maret 2022, .Kejadian tersebut diketahui oleh salah seorang warga yang melihat kepulan asap hitam keluar dari dalam rumah.
 
"Informasi dari warga api pertama kali muncul dari ruang kamar tidur rumah yang berada di RT 36/08, Desa Bantarsari, Kecamatan Pabuaran," ujar Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Pabuaran Rida Agung Yogasmara dilansir dari Antara, Kamis, 17 Maret 2022.
 
Rida menyebut warga yang diketahui bernama Ocen itu bergegas ke masjid dan menyalakan pengeras suara untuk memberi informasi kepada masyarakat bahwa telah terjadi kebakaran. Tak lama warga pun datang ke lokasi dan secara gotong royong memadamkan api yang terus membesar.
 
Api baru bisa dipadamkan sekitar satu jam kemudian atau saat getaran gempa yang kedua mengguncang wilayah Sukabumi sekitar pukul 11.06 WIB. 
 
"Berkat gotong royong warga, api yang menghanguskan rumah dan isinya yang ditinggalkan pemiliknya tersebut tidak merembet ke rumah warga lainnya dan insiden ini tidak menimbulkan korban sementara untuk kerugian masih dalam pendataan," kata Rida.
 
Pihaknya sudah berkoordinasi dengan unsur Forkopimcam Pabuaran terkait bencana kebakaran ini. Untuk penyebab utamanya masih dalam penyelidikan pihak kepolisian, namun kemungkinan api berasal dari korsleting listrik.


(UWA)

Berita Terkait