Lahan di Area Pemakaman Cina di Lebak Terbakar

Lahan di area pemakaman Cina di Ciodeng, Desa Jatimulya, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, hangus terbakar Lahan di area pemakaman Cina di Ciodeng, Desa Jatimulya, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, hangus terbakar

Lebak: Lahan di area Pemakaman Cina di Ciodeng, Desa Jatimulya, Rangkasbitung, Lebak, Banten, dilaporkan hangus terbakar, Jumat, 22 September 2023.  Api diduga berasal dari seseorang yang sengaja membakar sampah sehingga merembet ke lahan yang berada di area Pemakaman Cina.

“Api dengan cepat membesar karena kondisi saat kejadian kemarau dan angin sangat kencang, sehingga api membakar lahan yang lainnya,” kata Erwan, warga setempat, dikutip dari Banten News, Sabtu, 23 September 2023. 

Erwan mengungkapkan warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya sebelum petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) tiba. Namun, upaya ini justru membuat api semakin membesar dan merembet ke lahan kosong. Kemudian, warga segera menghubungi pihak Damkar untuk meminta bantuan memadamkan api yang semakin membesar.

Sementara itu, petugas Damkar Lebak Atma Wijaya mengatakan setelah menerima laporan dari warga, tim Damkar segera menuju lokasi kebakaran dengan 1 unit mobil Damkar dan 1 unit mobil suplai air. 

"Dengan gerakan cepat dan terarah dalam waktu sekitar 20 menit, api berhasil dipadamkan oleh anggota Damkar," ucap Atma.

Tidak ada korban jiwa atau kerugian material dalam kebakaran ini karena api hanya membakar sebagian lahan kosong. Atma mengimbau kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan akan terjadinya kebakaran, karena saat ini sedang musim kemarau. 

“Saya harap kepada masyarakat dalam situasi musim kemarau saat ini, agar jangan membuang puntung rokok sembarangan, jangan membakar sampah tanpa pengawasan dan jangan membuka lahan dengan cara dibakar,” katanya. 



(SUR)

Berita Terkait