Walau Sempat Kebakaran, Pelayanan Puskesmas Cikalongkulon Berjalan Normal

Petugas pemadam kebakaran Cianjur, Jawa Barat, berusaha memadamkan api yang sempat membakar ruangan penyimpanan obat atau ruang farmasi Puskesmas Cikalongkulon.(ANTARA/Ahmad Fikri). Petugas pemadam kebakaran Cianjur, Jawa Barat, berusaha memadamkan api yang sempat membakar ruangan penyimpanan obat atau ruang farmasi Puskesmas Cikalongkulon.(ANTARA/Ahmad Fikri).

Dadali: Dinas Kesehatan (Dinkes) Cianjur, Jawa Barat, menjamin layanan kesehatan di Puskesmas Cikalongkulon yang terbakar tetap beroperasi. Ruang pelayanan tidak terganggu sehingga warga masih dapat berobat atau sekadar konsultasi kesehatan.

Kepala Dinkes Cianjur, Irvan Nur Fauzi, mengatakan sejumlah ruangan sempat dikosongkan untuk menghindari api menjalar ke ruangan yang bersebelahan dengan ruang penyimpanan obat atau farmasi yang ludes terbakar.

"Hari ini seluruh ruangan yang sempat dikosongkan termasuk ruang rawat inap sudah dibenahi kembali dan dapat dipergunakan untuk Senin memberikan pelayanan bagi warga atau pasien yang datang," kata Irvan, dikutip dari Antara, Senin, 8 Agustus 2022.

Ia menjelaskan, hingga saat ini petugas Damkar Cianjur dan pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran yang menyebabkan ruangan farmasi milik puskesmas ludes terbakar. Namun, dugaan sementara akibat arus pendek listrik di ruangan tersebut.

Sedangkan terkait persediaan obat yang ludes terbakar, pihak dinas sedang menunggu hasil pendataan petugas berapa banyak obat yang terbakar dan sudah tidak bisa digunakan.

"Kalau sudah didata akan dikirim stok obat dari dinkes atau dari puskesmas lain yang stoknya berlebih. Pelayanan tetap berjalan terlebih untuk gawat darurat dan rawat jalan," katanya.

Sebelumnya ruangan penyimpanan obat di Puskesmas Cikalongkulon, Cianjur, ludes terbakar diduga akibat arus pendek listrik. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugiannya ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Peristiwa kebakaran pertama kali diketahui warga dan petugas mendapati api sudah menyala besar di bagian atap puskesmas, sehingga dilaporkan ke petugas lainnya dan Kantor Damkar Cianjur.



(SUR)

Berita Terkait