Petugas 36 Jam Berjibaku Padamkan Api di Gudang Triplek di Cijagra

Petugas memadamkan titik api pada kebakaran gudang penyimpanan triplek di kawasan Cijagra, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (26/10/2022). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi) Petugas memadamkan titik api pada kebakaran gudang penyimpanan triplek di kawasan Cijagra, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (26/10/2022). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Kebakaran terjadi di gudang penyimpanan triplek di kawasan Cijagra, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin, 24 Oktober 2022. Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung menyebut api baru dapat dipadamkan setelah 39 jam berlalu.

Kabid Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung Yusuf Hidayat mengatakan kini bara api telah mengecil. Para petugas tengah memastikan tidak ada lagi titik api di kawasan itu. 

"Jadi masih dalam upaya pemadaman usai api besar, sekarang dilakukan pendinginan," ujar Yusuf, dikutip dari Antara, Rabu, 26 Oktober 2022.

Diketahui kebakaran  di Gudang penyimpanan Triplek telah terjadi sejak Senin malam. Area gudang dengan luas 2.000 meter persegi itu dilaporkan hampir hangus seluruhnya. 

Petugas Diskar mengaku mengalami beragam kesulitan dalam memadamkan api. Hal itu disebabkan karena material di lokasi mudah terbakar serta adanya angin yang membuat api sulit mengecil.

Selain terdapat tumpukan triplek, di gudang tersebut juga terdapat sejumlah tabung berisi lem yang mudah terbakar. Kini di lokasi, sudah mulai tak tampak adanya titik-titik api. Namun, asap tebal masih mengelilingi kawasan itu. 

"Jadi memang mulai mengecil titik-titik apinya," kata Yusuf.

Sejauh ini, petugas pemadam kebakaran dari Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, hingga Kabupaten Bandung Barat, telah dikerahkan untuk melakukan pemadaman. Di samping itu, Diskar PB Kota Bandung belum bisa menyimpulkan penyebab kebakaran tersebut karena masih berupaya melakukan pemadaman.

BACA: Proses Pendinginan Kebakaran Pabrik Triplek di Bandung Makan Waktu 7 Jam



(SUR)

Berita Terkait