Gunung Sampah TPA Sarimukti Bandung Barat Kebakaran

Kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Sumber: Instagram @damkar_bandungbarat Kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Sumber: Instagram @damkar_bandungbarat
BANDUNG: Gunungan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, mengalami kebakaran sejak Sabtu, 19 Agustus 2023.

Menurut laporan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkar) Kabupaten Bandung Barat, hingga Selasa, 22 Agustus 2023 pukul 13.30 WIB, api masih belum bisa dipadamkan.

Petugas Disdamkar Kabupaten Bandung Barat serta tim bantuan dari Disdamkar Kabupaten Bandung, Kota Bandung, dan Kabupaten Cianjur masih berupaya melakukan pemadaman. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Cirata juga menerjunkan dua unit bantuan.

Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Bandung, Ema Sumarna, berharap kebakaran di TPA Sarimukti dapat segera ditangani. Kebakaran ini berpotensi menghambat proses ritasi sampah di Kota Bandung.

“Mudah-mudahan tidak terjadi hambatan untuk pembuangan sampah ke TPA. Artinya ada potensi penumpukan sampah di Kota Bandung,” kata Ema, dikutip dari laman resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Selasa, 22 Agustus 2023.

Warga yang tinggal di permukiman di sekitar TPA Sarimukti terkena dampaknya. Kepulan asap pekat membuat warga kesulitan bernafas dan mengalami perih di mata. Asap juga mengakibatkan jarak pandang di Jalan Raya Cipatat-Cipeundeuy menjadi pendek.

(SUR)

Berita Terkait