Ridwan Kamil: Bandara Kertajati Siap Jadi Embarkasi haji 

Petugas mengisi avtur ke pesawat di Bandara BIJB Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Selasa (10/9/2019). ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/aww. Petugas mengisi avtur ke pesawat di Bandara BIJB Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Selasa (10/9/2019). ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/aww.

Bandara Internasional Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, dinyatakan siap menjadi embarkasi haji untuk calon haji. Pernyataan ini merespons pertanyaan Fraksi Golkar dan Fraksi PAN terkait kesiapan sarana dan prasarana bandara tersebut dalam rapat paripurna beberapa hari lalu. 

"Dapat disampaikan bahwa Bandara Kertajati telah siap," kata Gubernur Jawa Barat  Ridwan Kamil dilansir dari Antara, Minggu, 25 September 2022. 

Penunjukan embarkasi ini tertuang dalam Keputusan Menteri Agama RI Nomor 989 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Keputusan Menteri Agama Nomor 124 Tahun 2016 tentang Penetapan Embarkasi dan Debarkasi Haji. Pada diktum kesatu nomor 13, Bandara Internasional Kertajati resmi ditetapkan sebagai embarkasi dan debarkasi haji untuk wilayah Jawa Barat.

Ridwan berharap Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) bisa segera dioperasikan untuk memudahkan akses warga ke Bandara Kertajati. Bandara yang selama ini jarang dipakai bisa segera beroperasional penuh.

"Mudah-mudahan Tol Cisumdawu tembus dan itu akan mengubah nasib Kertajati," ungkap dia. 

Saat ini pihaknya masih berupaya mengoptimalkan pendapatan dengan mengembangkan sistem informasi manajemen aset bandara yang terintegrasi. Salah satunya, pencatatan untuk menghitung potensi pendapatan dan monitoring.

BACA: Ridwan Kamil Sebut Sebut Pembangunan Masjid Al Jabbar Bandung Rampung Desember 2022



(SUR)

Berita Terkait