Gegara Tungku, Rumah Warga di Pandeglang Hangus Terbakar

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api. Petugas pemadam kebakaran memadamkan api.

Pandeglang: Kebakaran terjadi di Kampung Kaduhajapan, Desa Citalahab, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang, pukul 06.45 pada Selasa, 19 September 2023. Akibatnya, seluruh bangunan rumah rata dengan tanah.

Kabid Pemadam Kebakaran pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBDPK) Kabupaten Pandeglang Endan Permana, menyebutkan dugaan sementara kebakaran terjadi akibat percikan api dari tungku masak di dapur korban.

“Kebakaran diduga disebabkan dari kompor tungku yang sedang memasak air, sementara rumah dalam keadaan kosong ditinggal ke warung dan sedang beraktifitas pagi di luar rumah,” kata Endan, dikutip dari Banten News, Selasa, 19 September 2023.

Bangunan rumah yang terbuat dari kayu membuat api dengan cepat melalap seluruh bagian rumah beserta barang-barang di dalamnya. Warga sekitar berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, namun kesulitan karena api sudah terlalu besar. Api baru bisa dipadamkan 1 jam kemudian setelah dua unit mobil pemadam tiba di lokasi.

“Itu rumah panggung (bangunan rumah yang seluruhnya terbuat dari kayu). Di situ juga banyak kayu-kayu sepertinya persiapan untuk membangun rumah. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa tetapi kerugian ditaksir mencapai Rp100 juta,” katanya. 



(SUR)

Berita Terkait