Waspada! BMKG Ramalkan Cuaca Ekstrem Melanda Indonesia Sepekan ke Depan

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (ANTARA/HO-BMKG) Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (ANTARA/HO-BMKG)

Waspada! BMKG Ramalkan Cuaca Ekstrem Melanda Indonesia Sepekan ke Depan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat mewaspadai potensi cuaca ekstrem sepekan ke depan. Hujan lebat disertai kilat dan angin kencang diprediksi melanda sejumlah wilayah Indonesia pada 9-15 Oktober 2022. 

 “Potensi terjadinya cuaca ekstrem ini atas hasil analisis dinamika atmosfer yang menunjukkan adanya sirkulasi siklonik yang membentuk pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan,” jelas Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dikutip dari Antara, Minggu, 9 Oktober 2022.

Dia menyebut interaksi fenomena gelombang yang secara tidak langsung dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia. Yakni fenomena gelombang atmosfer Madden Jullian Oscillation (MJO) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin.

Cuaca ekstrem diperkirakan melanda hampir seluruh wilayah Indonesia, dari Aceh hingga Papua Barat. Sementara itu, beberapa wilayah diramalkan dilanda hujan lebat dan berstatus siaga atau yang berpotensi mengakibat banjir dalam tiga hari ke depan. 

Wilayah tersebut yakni sebagian wilayah Aceh, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Tengah.

BACA: BMKG Ramalkan Sejumlah Kota Besar Diguyur Hujan Hari Ini



(SUR)

Berita Terkait