Hindari 4 Kebiasaan Ini, Bisa Picu Sakit Ginjal!

Ilustrasi. Pexels.com Ilustrasi. Pexels.com

Ginjal adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh. Ada beberapa kebiasaan yang dianggap normal ternyata bisa memicu gangguan pada organ tubuh satu ini.

Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik bisa meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Maka dari itu, sebaiknya menghindari kebiasaan atau gaya hidup yang bisa merusak kesehatan ginjal.

Dilansir dari Gaya.id pada Selasa, 20 September 2022, berikut beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak kesehatan ginjal:

1. Sering mengonsumsi makanan kemasan

Sebagian besar makanan kemasan yang tinggi akan natrium bisa menyebabkan masalah ginjal. Saat mengonsumsi terlalu banyak garam, tubuh perlu mengeluarkan natrium ketika buang air kecil dan dibutuhkan kalsium untuk melakukannya.

“Pada gilirannya, memiliki terlalu banyak kalsium dalam urin dapat meningkatkan risiko batu ginjal,” kata James Simon, MD, nephrologist dari Cleveland Clinic.

2. Tekanan darah yang tidak terkontrol

Mempunyai tekanan darah tinggi sangat berbahaya untuk tubuh, termasuk ginjal. Pada dasarnya, ginjal merupakan satu set besar pembuluh darah dengan saluran kemih.

Apabila mempunyai tekanan darah yang tinggi di pembuluh darah besar tubuh, maka hal serupa terjadi di pembuluh darah kecil.

“Membiarkan tekanan darah tinggi tidak terkendali dapat merusak pembuluh darah yang menuju ke ginjal,” ujar Dr Simon.

3. Punya kebiasaan merokok

Merokok tak hanya bisa meningkatkan risiko untuk terkena kanker paru-paru, namun juga bisa merusak ginjal. Merokok bisa merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

4. Kurang minum air

Tidak harus selalu mengonsumsi delapan gelas air setiap harinya untuk menjaga ginjal bekerja dengan baik. Tetapi, hanya minum air satu atau dua gelas per hari juga sangat tidak baik lantaran bisa mengakibatkan dehidrasi.

Bukan hanya akan kekurangan air untuk mengeluarkan sodium, tetapi dehidrasi juga bisa membuat tekanan darah naik, yang pada akhirnya memberi efek buruk terhadap ginjal.

 

BACA: Catat! Ini 7 Manfaat Kesehatan Air Kunyit Bagi Tubuh



(SUR)

Berita Terkait