Ini Tanda Darurat Kamu Harus Segera Batalkan Puasa

Ilustrasi sakit perut. foto: shutterstock Ilustrasi sakit perut. foto: shutterstock

Dadali: Kamu pasti ingin menjalani ibadah puasa dengan baik tanpa hambatan apapun. Namun, bisa saja kamu mengalami suatu kendala yang membuatmu terpaksa harus membatalkan puasa di hari itu.

Ada beberapa kondisi kesehatan yang membuat kamu sebaiknya membatalkan puasa segera. Sebab, kondisi ini dapat membahayakan tubuhmu sendiri. Lalu, kondisi seperti apa yang membuatmu sebaiknya membatalkan puasa? Berikut tanda dan gejalanya dilansir dari hellosehat.com.

Kondisi hipoglikemia

Kondisi kadar gula darah rendah ini dapat terjadi akibat tubuh tak menerima asupan apapun dalam waktu yang cukup lama. Apalagi kalau kamu melewatkan waktu sahur atau tak mengonsumsi makanan sahur yang bernutrisi tinggi.

Hipoglikemia juga rentan terjadi pada pengidap diabetes saat menjalani puasa. Sebab, hormon insulin pengidap diabetes yang tidak normal dapat menyebabkan tubuh tak dapat mempertahankan kadar gula darah.

Baca juga: Bahaya Kurang Tidur, Ini 5 Efeknya Pada Fungsi Otak

Berikut tanda-tanda jika kadar gula darah mulai rendah dan harus segera membatalkan puasa. Kamu akan mulai merasa sakit kepala, susah untuk berkonsentrasi, merasa keliyengan, tubuh gemetar.

Kamu juga akan mengeluarkan banyak keringat, penglihatan menjadi kabur, merasa sangat lelah, tubuh lemah tak berenergi, serta kulit tubuh dan wajah menjadi pusat. Jika kamu hanya merasa pusing atau kelelahan, mungkin tingkat hipoglikemia yang kamu alami masih tergolong ringan.

Namun bila kamu merasakan lebih dari satu tanda atau gejala di atas, maka sebaiknya kamu segera membatalkan puasa. Kondisi hipoglikemia yang tidak ditangani dengan cepat akan menyebabkan berbagai komplikasi buruk lainnya.

Apa yang harus dilakukan setelah membatalkan puasa?

Saat mengalami hipoglikemia, tubuhmu memerlukan asupan yang bisa mengembalikan kadar gula darah menjadi normal kembali. Kamu harus mengisi perutmu secepatnya dengan makanan.

Kamu bisa segera minum teh manis atau minuman yang mengandung gula. Ini untuk mengembalikan kadar gula darah dengan cepat, setelah itu baru dilanjutkan dengan makanan.

Baca juga: Hati-Hati, Ini 6 Bahaya Makan Gorengan Saat Buka Puasa

Mencegah kondisi hipoglikemia

Kondisi gula darah rendah saat berpuasa sebetulnya bisa kamu cegah. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat, protein, dan energi tinggi ketika sahur.

Kamu juga bisa mengonsumsi camilan tinggi serat dan protein, seperti snack sehat, agar kamu merasa kenyang lebih lama dan berenergi seharian. Pilihlah makanan yang terbuat dari kedelai.

Sebab, kedelai lama dicerna di dalam tubuh yang membuat perut kamu enggak gampang keroncongan. Kedelai juga memiliki kadar gula darah yang baik untuk tubuh. Itu beberapa gejala yang harus kamu perhatikan untuk segera membatalkan puasa agar tak berdampak buruk bagi kesehatanmu.



(CIA)

Berita Terkait