Gara-gara PSBB, 3 Daerah Ini Sumbang Angka Pengangguran Terbesar di Jawa Barat

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum (tengah). Sumber: YouTube Humas Jabar Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum (tengah). Sumber: YouTube Humas Jabar

Dadali: Terdapat tiga daerah yang menjadi penyumbang terbesar angka pengangguran di Jawa Barat (Jabar), yakni Kota Cimahi, Kota Depok, dan Bogor. Kemungkinan hal ini disebabkan karena ekonomi pada ketiga daerah tersebut mengalami penurunan.

“Pengangguran dengan adanya PSBB (pembatasan sosial berskala besar) ini, hasil laporan dari tim pemulihan ekonomi sekitar 30 persen. Jadi hari ini pengangguran di Jawa Barat meningkat sampai 30 persen,” kata Uu Ruzhanul Ulum dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Humas Jabar, Senin, 30 November 2020.

Selain itu, Uu menjelaskan kini pertumbuhan ekonomi di Jabar sudah kembali positif, yakni lebih dari dua persen. Sektor industri menjadi penggerak ekonomi terbesar di Jabar, yaitu sebesar 40%. Sebelumnya, pertumbuhan ekonomi di Jabar mengalami terjun bebas setelah dilanda pandemi covid-19, yakni lebih dari minus lima persen.

“Dan juga perlu saya sampaikan bahwa 28% ekspor skala nasional berasal dari Jawa Barat,” ucap Uu.

Pemberlakuan PSBB menjadi salah satu faktor yang membuat turunnya pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, Uu mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) sebagai kebiasaan baru agar tidak mengarah ke PSBB lagi.

“Karena kalau itu tidak dilaksanakan terjadi peningkatan yang sangat luar biasa, terjadi psbb, ekonomi kita akan turun kembali,”

 

 



(SYI)

Berita Terkait