Iringi Prosesi Pemakaman Eril, 186 Personel Gabungan Diturunkan

Petugas Satpol PP berjaga di area pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin, 13 Juni 2022). Foto: Antara/Ajat Sudrajat Petugas Satpol PP berjaga di area pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin, 13 Juni 2022). Foto: Antara/Ajat Sudrajat

Bandung: Ratusan personel gabungan diturunkan untuk mengamankan proses pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Rencananya, Eril dimakamkan di permakaman keluarga di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Senin, 13 Juni 2022.

"Polresta Bandung bersama dengan Kodim bersama dengan Dinas Perhubungan, Satpol PP, sudah melaksanakan kegiatan apel keamanan dengan personel sebanyak 186 orang. Itu tersebar untuk pengamanan rute maupun di lokasi area pemakaman," kata Kepala Polresta Bandung, Kombes Kusworo Wibowo, dilansir dari Antara, Senin, 13 Juni 2022.

Adapun personel gabungan meliputi petugas kepolisian, TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan. Petugas kepolisian sudah disiagakan di sekitar lokasi pemakaman sejak pukul 06.00 WIB.

Baca: Keluarga: Prosesi Pemakaman Eril Digelar Tertutup, Warga Boleh Berziarah Setelahnya

"Untuk penjagaan yang pertama adalah rute dan pertigaan perempatan, pada saat akan pelaksanaan perjalanan, kemudian di lokasinya juga kami siapkan di pintu utama. Di mana yang boleh masuk ke area pemakaman adalah yang memiliki stiker khusus yang disediakan Pemprov Jabar," jelas dia.

Kusworo mengatakan, petugas keamanan menjaga semua akses masuk ke lokasi pemakaman. Termasuk lapangan sepak bola tak jauh dari pintu masuk area makam yang dijadikan sebagai tempat parkir kendaraan.

"Di lokasi area parkir di lapangan bola kami siapkan personel keamanan juga, dan juga di pertigaan Hanjuang, serta di dalam area parkiran, di dalam juga kami siapkan," ujar Kusworo.

Baca: Kementan Tanam Jagung Perdana di Karawang, Luas Lahan hingga 200 Hektare

Eril terseret arus Sungai Aare di Kota Bern, Swiss, pada 26 Mei 2022. Jenazahnya ditemukan di Bendungan Engehalde di Kota Bern pada 8 Juni 2022.

Jenazah Eril tiba di Indonesia pada Minggu, 12 Juni 2022 dan disemayamkan serta dishalatkan di Gedung Pakuan di Kota Bandung. Kemudian, jenazah putra Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil itu dibawa ke Kabupaten Bandung untuk dimakamkan di wilayah Kecamatan Cimaung.



(UWA)

Berita Terkait