Dua Dusun di Purabaya Tergenang Banjir, Puluhan Warga Mengungsi

Banjir akibat meluapnya Sungai Cibening di Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Jumat, (7/10) merendam permukiman warga dan sejumlah fasilitas lainnya dan hingga Sabtu, (8/10) BPBD Kabupaten Sukabumi mencatat ada sebanyak 140 kepala keluarga Banjir akibat meluapnya Sungai Cibening di Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Jumat, (7/10) merendam permukiman warga dan sejumlah fasilitas lainnya dan hingga Sabtu, (8/10) BPBD Kabupaten Sukabumi mencatat ada sebanyak 140 kepala keluarga

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi mencatat sebanyak 140 Kartu Keluarga (KK) terdampak banjir akibat luapan Sungai Cibening, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

"Dari data yang dikeluarkan BPBD Kabupaten Sukabumi jumlah warga yang terdampak banjir sebanyak  460 jiwa," kata Kapolsek Purabaya AKP Iwan Kusmawan, dikutip dari Medcom.id, Sabtu, 8 Oktober 2022. 

Banjir  setinggi 70-200 cm menyebabkan Dusun Purabaya dan Dusun Miramintana  terendam.  Puluhan warga di dua dusun tersebut pun terpaksa mengungsi. 

Staf Humas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi Dikdik Maulana mengatakan warga mengungsi di Gedung Olahraga (GOR) Desa Purabaya. Ia menyebut pihaknya juga telah menyediakan layanan kesehatan di tempat pengungsian. 

“Di pengungsian kami sudah menyiagakan sejumlah personel untuk memberikan pelayanan khususnya layanan kesehatan,” ujar Didik.

Didik menyebut  saat ini pihaknya masih melakukan asesmen terkait sejumlah kebutuhan warga. PMI bersama BPBD dan Forkopimcam Purabaya juga sedang melakukan penyisiran ke wilayah banjir untuk mengevakuasi warga. 

“Setelah dilakukan asesmen, kami akan mengirim logistik sesuai dengan kebutuhan warga yang terdampak bencana banjir khususnya penyintas yang berada di lokasi pengungsian,” terang Dikdik. 

BACA: BPBD Sebut Dua Desa di Purwakarta Rawan Bencana Pergeseran Tanah



(UWA)

Berita Terkait