Cimol Crispy Mozzarella, Cocok Jadi Camilan Buka Puasa

Resep cimol yang naik kelas dengan keju mozzarella. Pasti enak buat camilan buka puasa. Foto: Dok. Endeus TV Resep cimol yang naik kelas dengan keju mozzarella. Pasti enak buat camilan buka puasa. Foto: Dok. Endeus TV

Buka puasa terasa kurang lengkap jika tidak ada camilan di atas meja. Biasanya, camilan buka puasa identik dengan makanan manis, seperti sop buah dan kolak. Namun, sebenarnya masih ada banyak camilan yang cocok disantap saat buka puasa. Salah satunya adalah cimol.  

Cimol merupakan salah satu camilan yang kerap diburu orang-orang saat buka puasa. Bagi kamu yang suka berwisata kuliner di Kota Bandung, tentu sudah tidak asing lagi dengan jajanan yang satu ini. Cita rasanya yang gurih dan kenyal membuat camilan berbahan aci ini digemari banyak orang.

Namun, bila bosan dengan cimol yang itu-itu saja, kamu bisa coba kreasikan dengan keju mozzarella khas Italia. Rasanya dijamin enak, gurih, dan tentunya bikin kamu ketagihan!

Selain enak, camilan yang satu ini juga mudah dibuat, lho. Namun, bagi kamu yang ingin coba membuatnya di rumah, ada beberapa bahan dan cara yang perlu diketahui. Mengutip dari Medcom, berikut resep membuat cimol crispy mozzarella.  

Bahan cimol crispy mozzarella:

 200 gr tepung tapioka

4 sdm tepung beras

3 sdm tepung terigu

2 siung bawang putih, haluskan

¾ sdt garam

½ sdt kaldu ayam bubuk

120 ml air panas

100 gr keju mozzarella, potong dadu 1 cm

1 butir telur, kocok lepas

75 gr tepung roti kasar

Minyak goreng secukupnya

Pelengkap:

Bumbu tabur balado

Bumbu tabur keju

Bumbu tabur jagung bakar

Cara membuat cimol crispy mozzarella:

1.     Campurkan semua bahan kering ke dalam wadah. Aduk hingga tercampur rata

2.     Masukkan air panas, uleni hingga kalis

3.     Ambil ½ sdm adonan, pipihkan. Isi dengan 1 potong keju mozzarella, bulatkan hingga rapat. Ulangi hingga adonan habis

4.     Celupkan adonan ke dalam telur, lumuri dengan tepung roti kasar

5.     Goreng cimol dalam minyak hangat sambil sesekali diaduk hingga matang. Angkat, tiriskan. Sajikan cimol bersama pelengkap sesuai selera.



(UWA)

Berita Terkait