Wakil Ketua DPRD Jabar Desak Pemekaran Desa Dilakukan

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Achmad Ru'yat. (ANTARA/HO-Humas DPRD Jabar) Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Achmad Ru'yat. (ANTARA/HO-Humas DPRD Jabar)

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat, Achmad Ru’yat,  mendorong pemekaran desa dilakukan. Jumlah penduduk Jawa Barat yang mencapai 50 juta jiwa tak sesuai dengan jumlah desa yang hanya berjumlah 5.000.

“Ini menjadi bahan masukan bagi Jawa Barat (Jabar), terutama Gubernur dan DPRD karena Jawa Barat dengan penduduk 50 juta, jumlah desa 5.000 ini sangat mendesak untuk melakukan kajian dan pemekaran,” tutur Achmad Ru’yat, dikutip dari Antara, Selasa, 18 Oktober 2022.

Ia pun membandingkan Jawa Barat dengan Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan jumlah desa 8.000 dan jumlah penduduk sekitar 32 juta. Pemekaran desa tersebut diharap bisa mempercepat pelayanan untuk masyarakat.

“Selain itu pemekaran mempercepat pembangunan karena dengan jumlah desa seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur itu 8.000 desa. Makanya anggaran desa juga akan lebih bermanfaat untuk desa. Jadi, ini harus ditindaklanjuti di pengambilan kebijakan di tingkat provinsi, dan usulan ke instansi terkait,” jelasnya.



(SUR)

Berita Terkait