13 Pasien di RSHS Bandung Terpapar Omicron

Ilustrasi: Medcom.id Ilustrasi: Medcom.id

Dadali : Sebanyak 13 pasien di Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung terjangkit virus covid-19 varian Omicron. Semua Pasien yang terpapar tengah menjalani perawatan intensif.  

Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RSHS Bandung, Yana Akhmad Supriatna, menyebut paparan infeksi ini diketahui usai hasil tes whole genome sequencing (WGS) keluar. "Kami telah memeriksa hasilnya itu dari 13 pasien telah terkonfirmasi Omicron," uja Yana dilansir dari Medcom.id, Selasa, 15 Februari 2022.

Yana menambahkan, 13 pasien tersebut terdiri dari empat orang lanjut usia (lansia) dan 9 orang dewasa. Mereka memiliki gejala serta mempunyai penyakit penyerta sehingga harus mendapatkan perawatan di RSHS Bandung.

"Jadi memang hasil covid-19 yang positif ini untuk bisa tahu persis bisa terkonfirmasi Omicron perlu tes lanjutan," ujar Yana.

Sementara itu, RSHS Bandung telah melakukan tracing terhadap 67 pasien yang tengah dirawat. Hasilnya, 35 orang terkonfirmasi aktif covid-19 sedangkan 32 masih suspect menunggu hasil tes PCR.
 
"Kita masih menunggu hasil swab PCR-nya, dan juga kita akan lakukan tes lanjutan untuk memastikan apakah terpapar Omicron atau tidak," sahut yana.
 
Yana berharap, masyarakat tidak abai untuk menerapkan protokol kesehatan. Pasalnya, covid-19 varian Omicron memiliki penularan lebih cepat dibandingkan varian Delta.
 

"Kami selalu berharap masyarakat terus meningkatkan proskes sehingga penularan yang hebat ini tetap bisa kita kendalikan," jelas Yana.



(UWA)

Berita Terkait