Si Kecil Terserang Batuk Pilek? Coba Beri 5 Makanan Ini Supaya Reda

Ilustrasi-Freepik Ilustrasi-Freepik

Indonesia tengah memasuki musim pancaroba. Serangan batuk pilek (batpil) kerap terjadi pada cuaca yang tak menentu seperti sekarang ini.

Sebagai seorang ibu, tentunya khawatir dengan kondisi sang buah hati. Tetapi, pada saat yang bersamaan, bingung untuk memberi anak makanan apa supaya gejala pileknya mereda.

Tidak hanya tidur yang cukup dan menjaga pola makan, para ibu dapat memberikan 5 makanan ini sebab cocok untuk meredakan pilek seperti yang dikutip dari Gaya.id pada Jumat, 23 September 2022, berikut ini:

1. Yogurt

Makanan ini dapat dikonsumsi oleh anak apabila tengah mengalami pilek. Lantaran yogurt mempunyai kandungan probiotik yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, memperlancar saluran pencernaan, dan menyingkirkan kuman-kuman yang bisa menyakiti sang anak.

Ibu dapat memperoleh yogurt di minimarket atau supermarket terdekat. Yogurt tanpa perasa juga lebih disarankan. Tetapi, jika sang buah hari lebih memilih untuk mengonsumsi rasa buah pun tidak menjadi masalah.

2. Buah mengandung vitamin C

Telah menjadi saran yang umum bahwa memakan buah yang mengandung vitamin C bisa meredakan gejala pilek. Misalnya buah jeruk dan stroberi, zat asam pada buah itu bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Apabila si kecil tidak menyukai buah, dapat mencampurkan ke makanan sang anak atau menjadikan buah tersebut jus.

3. Jahe

Jahe memang sudah jadi hal yang umum sebagai penghangat tubuh yang jitu. Pasalnya, makanan tersebut bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Serta, jahe diketahui dapat melegakan tenggorokan dan melancarkan pencernaan.

Karena rasa hangat tersebut, ibu bisa memberikan kepada si buah hati. Salah satu caranya adalah dapat memberikan makanan olahan jahe supaya si kecil tetap mau makan.

4. Sup ayam

Makanan yang satu ini memang sering direkomendasikan secara turun temurun. Sup ayam adalah makanan hangat yang biasanya disukai oleh anak kecil.

Ibu dapat menambahkan beberapa sayuran ke dalamnya. Tetapi, jangan sampai membuat si kecil jadi tidak mau makan karena masalah sayur. Para ibu dapat kreasikan sup ayam khusus untuk anak.

5. Daging tanpa lemak

Makanan yang ini mengandung zat besi yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Serta, mineral yang baik guna mencegah infeksi di dalam tubuh.

Ibu bisa memberikan daging ayam fillet dan ikan untuk anak meredakan pileknya. Dapat juga dikreasikan menjadi goreng, kukus, atau campur dengan sup dan sayur-sayuran.

 

BACA: Perlu Diketahui Langkah Pertolongan Pertama Saat Si Kecil Jatuh
BACA: Perhatikan Si Kecil Agar Kesehatan Mentalnya Terjaga



(SUR)

Berita Terkait