Tidak Ada Penyekatan Jelang Libur Nataru di Jawa Barat

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana

Dadali: Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana memastikan tidak ada penyekatan selama libur Natal dan tahun baru (Nataru). Namun polisi akan mendirikan pos pemeriksaan untuk memastikan pengguna jalan sudah divaksin.
 
"Instruksi dari pemerintah pusat PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) level 3 nasional saat libur nataru. Jadi kami hanya menjalankan amanat yang sudah ditetapkan pemerintah," kata Suntana di Cirebon, seperti dilansir dari Medcom.id, Rabu 1 Desember 2021.
 
Upaya lain, pihaknya akan mengawasi tempat yang mengundang kerumunan seperti objek wisata. "Bersama-sama dengan TNI dan pemerintah setempat kami akan turun melihat kesiapannya," jelasnya.

Selain itu, pihaknya tak segan akan menutup objek wisata jika terbukti mengundang kerumunan dan tidak menaati protokol kesehatan (prokes). Dia menegaskan, pengelola wajib mengatur kapasitas pengunjung di tempat wisata.
 
"Aplikasi PeduliLindungi bisa mengukur semuanya, dari sertifikat vaksin, melacak perjalanan dan mengatur kapasitas pengunjung," tegasnya.
 
Pos pemeriksaan dan pengawasan dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan covid-19 di Jawa Barat. Pihaknya tidak ingin, terjadi lonjakan kasus covid-19 yang disebabkan libur nataru.
 
"Pencegahan sejak dini harus dilakukan. Jangan sampai ada lonjakan kasus," paparnya.



(RAO)

Berita Terkait