Jelang Imlek, Perajin Barongsai di Cirebon Banjir Pesanan

Perajin saat membuat Barongsai di Cirebon, Jawa Barat, Senin (16/1/2023). (ANTARA/Khaerul Izan) Perajin saat membuat Barongsai di Cirebon, Jawa Barat, Senin (16/1/2023). (ANTARA/Khaerul Izan)

Dadali.id: Tri Siswoyo, perajin barongsai dari Desa Serang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mulai kebanjiran pesanan menjelang perayaan Imlek. Pesanan yang diterima Tri datang dari berbagai daerah.

"Pesanan barongsai yang saya buat (berasal) dari Bandung, Bogor, Jakarta, Bojonegoro, hingga Palembang," kata Tri Siswoyo dikutip dari Antara, Senin, 16 Januari 2023.

Tri mengatakan ini merupakan pertama kalinya ia kembali mendapat pesanan barongsai. Selama masa pandemi covid-19 tiga tahun terakhir, usahanya sama sekali tidak mendapat pesanan barongsai.

"Baru tahun ini ada pesanan lagi, karena dari 2020 sama sekali enggak ada, akibat pertunjukan barongsainya juga ditiadakan," ujarnya.

Ia menambahkan di masa sebelum pandemi COVID-19, biasanya menerima pesanan hingga 25 barongsai saat menjelang Tahun Baru Imlek seperti sekarang. 

Tri pun bersyukur kini pertunjukkan barongsai kembali digelar di banyak tempat, sehingga pesanan barongsai juga mulai berdatangan. Hal ini berkat keputusan pemerintah mencabut kebijakan PPKM.

Menurut Tri, untuk satu set barongsai, dijual mulai dari harga Rp2,5 juta sampai Rp7 juta. Harganya menyesuaikan tingkat kerumitan dari masing-masing barongsai yang dibuat.



(SUR)

Berita Terkait