Relawan Sandi Bantu UMKM Tembus Pasar Ekspor Lewat Konten Kreatif

(Medcom.id) (Medcom.id)

Dadali: Relawan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sahabat Sandi terus membantu pelaku UMKM untuk bisa mengembangkan usahanya. Salah satunya dengan menggelar pelatihan membuat konten kreatif di Bandung, Jawa Barat.

Ketua UMKM Sahabat Sandi Bandung Raya, Dewi Trianawati, mengatakan saat ini masih banyak pelaku usaha kecil yang terkendala masalah pemasaran online. Sehingga, pelatihan kali ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan mereka dalam melakukan pemasaran secara daring.

“Kami di sini membantu Pelaku usaha kecil belajar membuat konten kreatif sebagai pemasaran lewat sosial media. Selain itu, kami juga membantu legalitas produk,” kata Dewi Trianawati, dikutip dari Medcom.id, Selasa, 2 Agustus 2022. 

Dewi menyebut, anggota UMKM Sahabat Sandi telah mengalami banyak kemajuan setelah satu tahun berjalan. Seperti, mengalami kenaikan omzet hingga mampu membawa produknya menembus pasar ekspor.

Sementara itu, perwakilan UMKM, Lisma, merasa pelatihan konten ini sangat bermanfaat untuk pemasaran produknya. Sebab, produknya juga telah masuk pasar ekspor berkat adanya inovasi pemasaran konten.

“Dengan dukungan dari Pak Sandi, produk saya (madu) sudah diekspor sampai ke Turki dan Insha Allah ke Jepang. Saya sangat merasa Pak Sandi memprioritaskan kami selaku pelaku usaha kecil," ujar Lisma.



(SUR)

Berita Terkait