Tempat Wisata Jabar Siap Jadi Lapak Vaksinasi Covid-19

Tempat Wisata Jabar/ANTARA Tempat Wisata Jabar/ANTARA

Dadali: Pengelola tempat wisata dan rekreasi di Jawa Barat (Jabar) siap membuka usahanya kembali dengan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini didasari dengan semakin banyaknya pelaku industri pariwisata yang sudah divaksin.

Ketua Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Jawa Barat, Heni Smith, mengatakan para pengelola bersedia menjadikan tempat wisatanya sebagai lapak vaksinasi covid-19.

"Kami terus mengupayakan vaksinasi gratis, khususnya di lokasi wisata yang berskala besar. Tidak hanya untuk karyawan, tapi penting juga untuk masyarakat sekitar," kata Heni, melansir Antara, Kamis, 9 September 2021.

Kegiatan ini berkolaborasi dengan asosiasi di bidang pariwisata seperti PUTRI, AKAR-PHRI, dan ASITA. Selain itu didukung oleh Dinas Kesehatan serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung dengan menggunakan vaksin AstraZeneca. 

Heni menjelaskan, salah satu upaya yang dilakukan yakni menggelar Jalan-jalan Sambil Vaksin (Jalanin) di Saung Angklung Udjo, Bandung. Jalanin merupakan program kerja PUTRI DPD Jabar, dengan tujuan mendorong pelaksanaan vaksinasi di tempat wisata.

Percepatan vaksinasi di sektor pariwisata sangat diperlukan. Pasalnya, industri ini menjadi yang paling banyak mengalami gulung tikar sejak pandemi covid-19.

"Sektor pariwisata ini salah satunya yang paling terpuruk. Padahal banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya di sektor ini," tambah dia.

Jalanin di Saung Angklung Udjo ini merupakan yang kedua, setelah usai diselenggarakan di Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Vaksinasi yang digelar selama dua hari ini menyiapkan 3.000 dosis dengan melibatkan tenaga kesehatan dari Dinkes Kota Bandung. (Antara)



(RAO)

Berita Terkait