Jalan Raya Pamulihan-Bungbulang Rawan Longsor, Warga Diminta Waspada

Polisi dan masyarakat berupaya menyingkirkan material longsoran tanah dan bebatuan yang menutupi badan jalan di Pamulihan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Polsek Pamulihan) Polisi dan masyarakat berupaya menyingkirkan material longsoran tanah dan bebatuan yang menutupi badan jalan di Pamulihan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Polsek Pamulihan)

Jalur utama lintas Kabupaten Garut Jawa Barat, Jalan Raya Pamulihan-Bungbulang berada dalam kondisi rawan longsor. Hal itu diungkapkan Kepala Polsek  Pamulihan Iptu Masrokan, Rabu, 30 November 2022. 

Masrokan menyebut saat hujan, longsor di daerah itu kerap membawa material bebatuan. Akibatnya, para pengendara yang melintasi jalur tersebut harus waspada. 

"Betul rawan longsor, jam segini (siang) sudah kabut tebal," ungkap Masrokan, dikutip dari Antara, Rabu, 30 November 2022. 

Dia mengatakan longsor sempat terjadi pada Kamis, 24 November 2022 lalu. Saat itu material longsor menutup badan jalan dan menghambat laju kendaraan. 

Untuk mengantisipasi adanya korban, Polsek Pamulihan memasang rambu terkait informasi lawan longsor di daerah itu. Selain itu, Masrokan menyebut jajarannya juga siap siaga membantu warga jika material longsoran menutup jalan. 

"Langkah-langkah melakukan evakuasi secara manual bersama dengan warga sekitar membersihkan material longsor yang menghalangi jalan, dan melakukan pengaturan lalu lintas," tutur dia.

Dia mengimbau masyarakat memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik ketika hendak melewati jalur tersebut. Selain itu, para pengendara juga diminta menguasai kondisi jalan. 

Baca Juga: Jalur Puncak di Wilayah Cianjur Terputus Akibat Longsor Usai Gempa

 



(UWA)

Berita Terkait