Diskanak Bogor Suntik 3 Ribu Vaksin Rabies ke Hewan Peliharaan

Pemkab Bogor melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Bogor melakukan giat vaksinasi Rabies Massal gratis bagi hewan peliharaan milik masyarakat. /Foto/Diskominfo Kabupaten Bogor Pemkab Bogor melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Bogor melakukan giat vaksinasi Rabies Massal gratis bagi hewan peliharaan milik masyarakat. /Foto/Diskominfo Kabupaten Bogor
Bogor: Pemerintah Kabupaten Bogor melakukan penyuntikan 3.000 dosis vaksin rabies kepada hewan peliharaan masyarakat dalam rangka Hari Rabies Sedunia atau World Rabies Day (WRD) 2023. Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Bogor Nurhayati menjelaskan vaksinasi sepanjang 1 September-7 Oktober 2023.

"Penyakit rabies sendiri adalah gangguan yang menyebabkan infeksi serius dan seringkali berujung fatal," kata Nurhayati, dikutip dari Antara, Selasa, 10 Oktober 2023.

Nurhayati menyebut vaksinasi rabies untuk mencegah infeksi yang disebabkan virus yang bisa menjangkiti . Vaksin ini memiliki kemampuan untuk memproduksi perlindungan sendiri atau  antibodi dalam tubuh hewan terhadap virus rabies. Ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mendukung target Jawa Barat bebas Rabies tahun 2024 serta Indonesia bebas Rabies pada 2030.

Proses vaksinasi massal dilakukan di enam Puskeswan milik Diskanak Kabupaten Bogor. Vaksinasi juga dilakukan di 14 klinik dan praktek dokter hewan mandiri, serta di Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan (BBPMSOH) Kementerian Pertanian yang berlokasi di Kecamatan Gunungsindur.

(SUR)

Berita Terkait