Butuh Self Healing Tapi Bujet Tipis? Yuk, Lakukan 6 Kegiatan Ini

Lima Langkah Mudah Self Healing (Foto: shutterstock) Lima Langkah Mudah Self Healing (Foto: shutterstock)

Jakarta: Self healing dapat diartikan sebagai upaya menyembuhkan diri dari kondisi emosional yang buruk. Kegiatan ini sering dikaitkan dengan bepergian dan berlibur. Nyatanya, self healing dapat dilakukan dengan bujet minimalis sampai nol rupiah, loh!

Rutinitas pekerjaan dan permasalahan sering kali menyandera pikiran hingga berdampak buruk bagi tubuh. Namun jika biaya yang perlu dikeluarkan untuk self healing juga mahal, bukankah Anda akan merasa semakin pusing?

Sebenarnya, self healing juga bisa dilakukan dengan bujet super tipis. Seperti yang dirangkum dari laman PegiPegi, berikut 6 cara self healing murah-meriah:

Baca juga: Tak Usah Khawatir, Ini Tips Membawa Hewan Peliharaan Pergi Berlibur

1. Tidur

Tidur dengan kualitas baik adalah suatu kenikmatan yang tidak semua orang bisa dapatkan. Saat tidur, tubuh seseorang akan melakukan ‘penyembuhan’. 

Sebaliknya, saat seseorang kurang tidur, sistem kekebalan tubuh mereka akan melemah dan berakibat pada sulitnya proses penyembuhan pada tubuh. Kurang tidur juga bisa memicu meningkatnya hormon pemicu stress dan cemas.

2. Mendengarkan musik

Menurut University of Nevada, musik merupakan salah satu komponen yang memiliki efek mendalam pada emosi dan tubuh. 

Musik bertempo cepat akan membuat orang merasa lebih waspada dan berkonsentrasi. Musik bertempo upbeat membuat orang lebih optimis dan positif. Sementara musik yang bertempo tenang dapat menenangkan pikiran dan membuat tubuh rileks.

3. Gunakan aromaterapi

Aromaterapi dapat digunakan untuk mengurangi rasa cemas dan stress. Bahkan, bukan rahasia lagi jika aromaterapi juga dapat mengobati masalah fisik seperti sakit kepala dan gangguan pencernaan.

Minyak esensial ini memicu pesan untuk dikirim ke sistem limbik otak, yang berperan dalam pemrosesan emosi, memori, dan perilaku. Menggunakan aromaterapi dapat merangsang sistem limbik, yang kemudian memengaruhi suasana hati dan tingkat stress.

Baca juga: Simple! Ini 4 Cara Menjaga Kesehatan Usus saat Bepergian

4. Minum teh

Teh herbal sudah menjadi alternatif kesehatan selama ribuan tahun. Ada sejumlah teh herbal yang terbukti membantu merelaksasi pikiran, tubuh, hingga membuat tidur lebih nyenyak. Contohnya, teh chamomile, lavender, peppermint, dan valerian root.

5. Berendam air hangat

Berendam di air hangat adalah opsi terbaik setelah tubuh melakukan aktivitas yang melelahkan. Cara ini dapat membuat otot-otot tegang menjadi rileks, meningkatkan sirkulasi darah, hingga mengurangi rasa sakit pada tubuh. 

Beberapa penelitian juga menyebutkan, rutin berendam di air hangat dapat mengurangi level stress. 

6. Keluar rumah

Tidak perlu sampai ke luar kota dan luar negeri, pergi ke hutan kota, taman terdekat, atau halaman rumah pun juga sudah cukup untuk menjadi self healing sederhana.

Karena sebenarnya, menghirup udara segar, menikmati sinar matahari, mendengar suara alam, dan melihat pepohonan hijau dapat mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan kebahagiaan.



(UWA)

Berita Terkait