RIdwan Kamil Sebut Jawa Barat Bebas Dari Zona Merah Covid-19

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Dadali: Provinsi Jawa Barat (Jabar) bebas dari zona merah covid-19. Gubernur Jabar M. Ridwan Kamil mengatakan tidak ada daerah atau kabupaten/kota di Provinsi Jabar berstatus zona merah covid-19.
 
"Tidak ada lagi zona merah, (Kabupaten, red.) Majalengka naik oranye. Mayoritas di Jabar itu oranye kecuali Kabupaten Sukabumi," kata Kang Emil, sapaan akrabnya, di Gedung Sate Bandung, Senin, 17 Mei 2021, melansir Antara.
 
Emil menuturkan meski daerah di Jabar tak lagi ada yang berstatus zona merah, tapi lonjakan kasus covid-19 usai Lebaran tetap harus diwaspadai. Ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo kepada seluruh kepala daerah di Indonesia.

"Ada dua arahan dari Pak Presiden, pertama pengendalian covid-19. Daerah mewaspadai potensi kenaikan pascalibur lebaran. Walaupun dari arahan bisa dilaporkan, sebelum sosialisasi ada potensi 89 juta yang mudik. Setelah sosialisasi turun 8,9 juta dan setelah selesai sosialisasi dan penyekatan yang masih mudik tercatat 1,5 juta (di Jabar, red.)," kata dia.

Baca juga: Sidak Hari Pertama Kerja, Sejumlah Kabiro Pemprov Jabar Tak Hadir

Kang Emil mengatakan walaupun jumlah warga Jabar yang mudik hanya 1,1 persen, namun potensi terjadi kenaikan kasus covid-19 harus diwaspadai. Tingkat keterisian nasional 29 persen, Jabar 28 persen.
 
"Kita sudah baik, di bawah rata-rata nasional," kata dia.

Ia menuturkan 53 orang yang terdiri atas 50 pemudik dan tiga wisatawan dinyatakan positif covid-19 setelah dilakukan tes covid-19 secara acak di wilayah Jawa Barat saat arus mudik Lebaran 2021.
 
"Ini menunjukkan kekhawatiran itu nyata adanya," kata dia.
 
Kang Emil menuturkan selama pelarangan mudik Lebaran 2021 petugas gabungan di wilayah Jawa Barat telah melaksanakan tes covid-19 kepada 6.000-an orang. Didapat 53 orang positif covid-19.
 
"Itu hampir satu persen dari total tes yang dilakukan. Makanya saya ucapkan terima kasih kepada warga jabar yang taat atau mematuhi aturan agar tidak mudik pada Lebaran tahun ini," kata dia.



(CIA)

Berita Terkait