PSSI Berharap Tak Ada Lagi Pergantian Stadion untuk Piala Dunia U-20

Suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Senayan, Jakarta, Jumat (6/3/2020). SUGBK merupakan salah satu venue yang diajukan untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/wsj. (ANTARA FOTO/PUSPA Suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Senayan, Jakarta, Jumat (6/3/2020). SUGBK merupakan salah satu venue yang diajukan untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/wsj. (ANTARA FOTO/PUSPA
Dadali: Menyusul kedatangan perwakilan FIFA ke Indonesia untuk mengecek persiapan Piala Dunia U-20 tahun depan, PSSI berharap tidak ada perubahan terhadap enam stadion yang sudah disiapkan. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua PSSI Mochamad Iriawan.

"Kami yakin enam stadion tersebut sudah sesuai harapan. Kami ingin agar lokasi Piala Dunia U-20 lebih merata di Indonesia," kata Iwan Bule, sapaan Iriawan, dilansir dari Medcom.id, Jumat, 17 Juni 2022.

 

Adapun enam stadion yang memang sudah disiapkan untuk Piala Dunia U-20 adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar, Bali). Penetapan stadion itu sesuai Instruksi Presiden Nomor 8 tahun 2020 tentang Dukungan Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2023, 

 

Pernyataan Iriawan di atas mengisyaratkan bahwa PSSI tidak berkenan jika ada dua stadion melangsungkan pertandingan Piala Dunia U-20 dalam satu wilayah. Artinya, stadion seperti Stadion Internasional Jakarta (JIS) di Jakarta Utara, yang baru selesai dibangun pada April 2022, kemungkinan besar tidak akan menjadi arena laga Piala Dunia U-20 karena wilayah Ibu Kota sudah diwakili Stadion Utama Gelora Bung Karno.

 

Sementara, terkait hasil pantauan FIFA, Iriawan menyebut bahwa ada beberapa stadion yang masih perlu perbaikan."Stadion Si Jalak Harupat perlu diperbaiki, Jakabaring juga perlu renovasi sedikit, stadion di Bali pun demikian. Kalau Manahan bagus sekali, seperti SUGBK. Yang lain dalam kategori oke, ya,” ujar  Iwan.



(UWA)

Berita Terkait