602 Keluarga di Kabupaten Bogor Jadi Korban Banjir Bandang

Banjir bandang menerjang wilayah Desa Purasari di Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu, 22 Juni 2022. (Dok/BPBD Kabupaten Bogor) Banjir bandang menerjang wilayah Desa Purasari di Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu, 22 Juni 2022. (Dok/BPBD Kabupaten Bogor)
Dadali: Banjir bandang menerjang wilayah Desa Purasari di Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Rabu, 22 Juni 2022. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mencatat sebanyak 602 KK berjumlah 2.407 jiwa terdampak dan tiga orang warga mengalami luka ringan setelah sempat terseret arus banjir bandang.

"Sedikitnya ada 5 KK sebanyak 20 jiwa yang terpaksa mengungsi ke tempat kerabat dekat," ujar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari dilansir dari Medcom.id, Kamis, 23 Juni 2022.

Selain itu BPBD Kabupaten Bogor mencatat kurang lebih 600 unit rumah terdampak, 1 unit rumah rusak sedang, 5 unit rumah rusak berat. Serta akses jalan desa penghubung antara RT 01, 02, 03, 04 dan 06 terputus dan satu gedung Pesantren Al-Insyiro terdampak.

Sebagai upaya percepatan penanganan darurat bencana banjir bandang, tim gabungan segera mengambil tindakan cepat di lapangan dan berkoordinasi dengan lintas instansi terkait. Abdul juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada

"Upaya pendataan saat ini terkendala dengan akses jalan yang terputus.Tapi masyarakat yang tinggal di sekitar lereng tebing dan bantaran sungai apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi lebih dari 1 jam, saya sarankan untuk evakuasi sementara," kata Abdul.

(UWA)

Berita Terkait