Gubernur Ridwan Kamil Minta Wali Kota Sediakan Ruang Publik Untuk Pemuda

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menjadi pembicara Talkshow Youth City Changers (YCC) di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Kota Padang, Minggu (7/8/2022). (ANTARA/HO-Humas Pemda Jabar) Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menjadi pembicara Talkshow Youth City Changers (YCC) di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Kota Padang, Minggu (7/8/2022). (ANTARA/HO-Humas Pemda Jabar)

Dadali: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, berharap kota-kota menyediakan ruang publik bagi anak muda untuk berkreasi dan berekspresi. Permintaan Gubernur Ridwan Kamil tersebut disampaikan saat menjadi pembicara Talkshow Youth City Changers (YCC) di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Kota Padang.

"Sebagai mantan wali kota, (saya) melihat anak-anak muda yang berkomunitas itu bibit-bibit masa depan, yang seringkali kotanya kita pahami tidak menyediakan ruang-ruang aspirasi sehingga direbut cita-citanya," kata Ridwan Kamil, dikutip dari Antara, Senin, 8 Agustus 2022.

Ridwan Kamil menyebut pemuda yang aktif dalam komunitas berpotensi memiliki masa depan yang cerah. Namun, mereka membutuhkan ruang untuk berkreasi sekaligus mengekspresikan diri.

"Sekali lagi, pesan saya kepada seluruh wali kota, sediakanlah ruang-ruang publik yang baik, biarkan anak muda berkreasi, berekspresi. Kemudian, bikin gedung-gedung kreatif supaya dari ekspresi jadi ekonomi. Kalau mereka bisa sejahtera dari ekonominya, kota-kota itu akan luar biasa," katanya.

Sementara itu, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, yang juga hadir dalam YCC mengatakan bahwa generasi muda harus produktif dan memiliki rencana jelas untuk masa depan yang cerah.

"Pesan kami untuk anak-anak muda, hiduplah yang produktif, bikin rencana kerja, 'roadmap' anda mau apa, tekuni, kerja keras, dan saya percaya masa depan Indonesia ada di tangan saudara-saudara," kata dia.

"Saatnya kita Indonesia dengan generasi mudanya yang punya keterampilan, knowledge, kreatif yang luar biasa, tidak hanya berpikir untuk dalam negeri, tetapi saatnya sekarang kita menyerbu global internasional."



(SUR)

Berita Terkait