Gempa Bumi Magnitudo 4,7 Terjadi di Sukabumi

Lokasi pusat gempa M4,7 di Kota Sukabumi, Jabar yang terjadi pada Senin, (31/10). Antara/HO/BMKG Lokasi pusat gempa M4,7 di Kota Sukabumi, Jabar yang terjadi pada Senin, (31/10). Antara/HO/BMKG

Gempa bumi bermagnitudo (M) 4,7 berpusat di Kota Sukabumi, Jawa Barat pada Senin, 31 Oktober 2022, sekitar pukul 10.05 WIB. Kejadian itu sempat mengejutkan sebagian warga Kota dan Kabupaten Sukabumi.

“Getaran gempanya tidak begitu lama hanya beberapa detik saja, tetapi getarannya saya rasakan cukup kencang,” ujar Arie Dharmawan, warga Gang Saniin, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, dilansir dari Antara, Senin, 31 Oktober 2022.

Ia menuturkan, ketika gempa terjadi, dirinya tengah menjaga dan melayani konsumen di konter handphone (HP) tiba-tiba terasa getaran gempa yang cukup kencang. Ia dan pelanggannya dengan spontan segera berlari ke luar konter dan ternyata banyak warga lainnya yang juga berhamburan ke luar rumahnya.

Sama halnya dengan warga Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Supriadi mengatakan bahwa ketika gempa terjadi, dirinya tengah berada di sebuah warung di pinggir pantai. Ia juga terkejut melihat warungnya seperti bergoyang ketika gempa terjadi.

“Spontan saya langsung meraih anak dan keluar dari warung serta menjauh dari bibir pantai. Saya masih trauma dengan kejadian beberapa waktu lalu sehingga dengan spontan langsung pergi menjauh,” tuturnya.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa 4,7 berlokasi di 7.70 Lintang Selatan (LS) – 106.88 Bujur Timur (BT) di 87 km Barat Daya Kota Sukabumi dengan kedalaman gempa 20 km.



(SUR)

Berita Terkait