Catatan Akhir Sekolah Kembali Hadir dalam Bentuk Serial

 Tim produksi bersama para aktor pemain serial Tim produksi bersama para aktor pemain serial "Catatan Akhir Sekolah" saat konferensi pers di iNews Tower, Jakarta, Jumat (29/7/2022) (ANTARA/Suci Nurhaliza)

Vision+ mengumumkan membuat kembali film "Catatan Akhir Sekolah" yang rilis pada 2005 menjadi versi serial. Serial ini akan dibuat dengan kerja sama bersama Paragon Pictures dan Ideosource Entertainment 

"Catatan Akhir Sekolah" dibuat versi serial karena menurut produser eksekutif Paragon Pictures, Robert Rony, saat ini belum banyak tontonan yang benar-benar mengangkat permasalahan anak sekolah. Padahal, masa sekolah terutama saat SMA adalah salah satu masa yang paling indah dalam hidup.

"Enggak banyak cerita remaja di Indonesia yang benar-benar mengeksplorasi tentang kisah di SMA-nya. SMA-nya hanya sebagai setting aja, tapi ceritanya kemana-mana," kata Robert, dikutip dari Antara, Minggu, 31 Juli 2022.

"Yang coba kita angkat di series ini akan berbeda dengan yang pernah ada, karena kita benar-benar mengangkat masalah remaja di SMA yang benar-benar remaja. Jadi kita coba lebih jujur angkat cerita di SMA yang bukan hanya cinta, tapi juga persahabatan dan kenakalan selama SMA," sambungnya.

Film "Catatan Akhir Sekolah" menceritakan sekumpulan murid yang duduk di tahun terakhir SMA. Jika dalam film aslinya murid-murid membuat sebuah film dokumenter untuk ditayangkan di acara perpisahan, versi serialnya mengangkat acara pentas seni (pensi) yang akan menjadi catatan akhir sekolah mereka.

Pandu Birantoro selaku produser mengatakan perbedaan tersebut bertujuan agar serial "Catatan Akhir Sekolah" lebih relate dengan anak-anak SMA masa kini. Pasalnya, pembuatan video pada 2005 di saat film aslinya ditayangkan merupakan sesuatu yang tidak mudah. Berbeda dengan saat ini, teknologi sudah maju yang membuat setiap orang bisa membuat video dengan mudah.

"Kalau dulu kan menceritakan tiga orang yang underdog dan kepingin banget bikin video dan videonya diputar di sekolahnya dan jadi kenangan. Tapi semua orang sekarang bisa bikin video, ngedit, lalu upload. Jadi kita benar-benar mencari kira-kira cerita apa yang bisa tetap relevan," ujar Pandu.

Ia menambahkan, pensi juga sengaja diangkat untuk mengobati rasa rindu anak-anak SMA terhadap acara tersebut yang saat ini jarang digelar karena sering dicap sebagai acara yang kerap menimbulkan kerusuhan.

"Sebelum kita membuat plot, kita riset ke hampir 80-100 siswa SMA seluruh Indonesia, kita pengin tahu masalah mereka selama di sekolah. Jadi ada keresahan bahwa pensi akan hilang karena sering dicap acara rusuh. Kita merasa bahwa temen-temen kita saat ini mendambakan event besar yang bisa di-produce bareng-bareng sebagai catatan akhir sekolah mereka," jelas Pandu.

Disutradarai oleh Andibachtiar Yusuf, serial "Catatan Akhir Sekolah" akan dibintangi oleh Azela Putri, Sarah Beatrix, Kacamelyv Prakaca, Arya Mohan, Geraldo Chandra, dan Dhirgham Prabasworo. Film tersebut akan mulai diproduksi akhir Juli 2022.



(SUR)

Berita Terkait