Ridwan Kamil Sarankan Baim Wong Cabut Pendaftaran Citayam Fashion Week Sebagai HaKI

Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Emil). Foto: Medcom/Roni Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Emil). Foto: Medcom/Roni

Jakarta: Perusahaan milik Baim Wong, Tiger Wrong Entertainment, mendaftarkan merek 'Citayam Fashion Week' sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual pada 20 Juli 2022. Hal ini pun mengundang kritik dari masyarakat dan sejumlah publik figur.

Salah satu kritikan datang dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, atau biasa disapa Kang Emil. Dia secara pribadi tidak setuju dengan langkah yang diambil Baim Wong terkait pendaftaran merek Citayam Fashion Week.

Kritikan itu disampaikan Kang Emil melalui akun Twitternya pada Senin siang, 25 Juli 2022. Berikut rangkumannya:

1. Citayam Fashion Week gerakan masyarakat bawah yang tumbuh secara organik

Menurut Ridwan Kamil, Citayam Fashion Week merupakan gerakan organik akar rumput yang tumbuh kembangnya harus natural dan organik pula, tanpa campur tangan masyarakat kelas atas. Bahkan faktanya, justru kaum selebriti yang akhirnya nimbrung saat Citayam Fashion Week menjadi viral dianggap punya nilai jual.  

Maka dari itu, tidak adil rasanya jika siapapun pihak yang di luar komunitas akar rumput tersebut berusaha mengambil keuntungan.

2. Citayam Fashion Week dikhawatirkan hilang dan mati saat dikomersialkan

Ridwan Kamil menyebut Citayam Fashion Week mengusung semangat unjuk kreativitas masyarakat bawah. Sungguh tak elok orang tiba-tiba ada orang lain yang mengajukan Citayam Fashion Week menjadi kekayaan intelektual. Kang Emil khawatir 'gerakan' ini justru hilang.  

"Sekalinya diformalkan & dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda," tulis Kang Emil.

3. Citayam Fashion Week perlu tetap dijaga sebagai fashion show jalanan

Kang Emil menginginkan agar Citayam Fashion Week tetap menjadi fashion show jalanan. Tidak perlu individu-individu di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur. Ada kalanya remaja-remaja tersebut hanya butuh ruang untuk berekspresi.

"Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion show jalanan tetap di jalanan. Bukan di Sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional. Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture." 

4. Kalau pun harus diorganisasikan, bukan urusan orang luar

Tak hanya itu, Kang Emil merasa biarlah komunitas yang terkumpul dalam kegiatan ini yang mengorganisasikan Citayam Fashion Week. Biarlah nama itu dibesarkan komunitas mereka sendiri.

"Oleh mereka, bukan anda. Anda (Baim Wong) dan istri sudah hebat punya kerja-kerja luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini. Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya," tegas Kang Emil.



(SUR)

Berita Terkait