Bogor Sediakan Kuota PPDB Siswa SMA Sederajat 300 Ribu Orang

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2023 Tingkat SMA, SMK, dan SLB sejak 6 Juni 2023.  Kuota penerimaan tahun ini sekitar 300 ribu siswa.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya mengatakan bahwa sudah ada sekitar 47.500 orang yang mendaftar untuk mengikuti PPDB tahap pertama, yang berlangsung 6-10 Juni 2023. Menurut dia, sampai sekarang tidak ada kendala yang berarti dalam pelaksanaan pendaftaran PPDB via daring.

"Insyaallah akan terus bertambah, karena kita lakukan secara online," kata Wahyu dikutip dari Antara, Minggu, 18 Juni 2023.

Dia menjelaskan bahwa kuota penerimaan siswa pada tahap pertama PPDB sekitar 50 persen dari kuota penerimaan siswa dalam keseluruhan PPDB 2023 tingkat sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan sekolah luar biasa (SLB).

Kuota 50 persen itu terdiri atas 25 persen penerimaan dari jalur prestasi, 20 persen penerimaan dari jalur afirmasi atau keluarga tidak mampu, dan 5 persen penerimaan dari jalur perpindahan tugas orang tua.

Wahyu mengatakan bahwa penerimaan siswa dari jalur zonasi dilaksanakan pada tahap kedua PPDB yang berlangsung 26 sampai 30 Juni 2023.

"Untuk sekolah-sekolah yang hari ini tidak penuh di tahap pertama, kita akan limpahkan di tahap kedua. Jadi zonasi itu bisa lebih dari 50 persen tetapi jika di tahap pertamanya tidak penuh," katanya.

 



(SUR)

Berita Terkait