Anak Berkebutuhan Khusus di Sukabumi Diedukasi Siaga Bencana

Relawan PMI Kota Sukabumi saat memberikan edukasi dan simulasi siaga bencana kepada anak berkebutuhan khusus SLBN 1 Kota Sukabumi. Antara/Aditya Rohman Relawan PMI Kota Sukabumi saat memberikan edukasi dan simulasi siaga bencana kepada anak berkebutuhan khusus SLBN 1 Kota Sukabumi. Antara/Aditya Rohman

Dadali: Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi, Jawa Barat, menggelar kegiatan simulasi siaga bencana di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 1 Kota Sukabumi. Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2022.

"Edukasi yang dibarengi dengan simulasi siaga bencana untuk anak berkebutuhan khusus ini guna memberikan perhatian khusus atas penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak," kata Ketua PMI Kota Sukabumi, Suranto Sumowiryo, dikutip dari Antara, Senin, 25 Juli 2022.

Suranto mengatakan kegiatan ini bertujuan memberikan rasa aman dan selamat dari peristiwa bencana. Apalagi anak berkebutuhan khusus masuk dalam kelompok rentan saat terjadi bencana.  

Simulasi dan edukasi siaga bencana ini dilaksanakan berbeda dari biasanya, karena peserta yang terlibat merupakan siswa berkebutuhan khusus yang membutuhkan pendampingan dan metode tersendiri.  

"Edukasi dan simulasi yang diberikan para personel PMI tentunya disesuaikan dengan usia dan kondisi anak, sehingga (mereka) dengan mudah menyerap ilmu yang diberikan para relawan," kata Suranto.

Menurut Suranto, Kota Sukabumi merupakan salah satu daerah rawan bencana alam, salah satunya gempa bumi. SLBN 1 yang berada di Kecamatan Baros berdampingan dengan potensi patahan Sesar Cimandiri.     

Oleh karena itu, setiap anak harus diberikan pemahaman sejak dini untuk mencegah risiko dengan melakukan upaya penyelamatan serta evakuasi mandiri saat terjadi bencana alam.



(SUR)

Berita Terkait