BMKG: Gempa di Sukabumi Tidak Berpotensi Timbulkan Gempa Susulan

Peta kejadian gempa bumi M 5,8 di Sukabumi, Jawa Barat pada Kamis, 8 Desember 2022. Antara/Ho.BMKG Peta kejadian gempa bumi M 5,8 di Sukabumi, Jawa Barat pada Kamis, 8 Desember 2022. Antara/Ho.BMKG

Gempa berkekuatan magnitudo 5,8 mengguncang Sukabumi, Jawa Barat, Kamis, 8 Desember 2022  pukul 07.50 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa disebabkan deformasi atau patahan dalam lempeng Australia.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, mengatakan gempa tersebut berasal dari kedalaman 122 kilometer.

"Gempa di kedalaman menengah itu benar-benar murni gempa yang bersumber dari batuan yang elastis sehingga ini akan miskin gempa susulan," kata Daryono, dikutip dari Medcom.id, Kamis, 8 Desember 2022.

Daryono menjelaskan gempa ini sejenis dengan gempa yang mengguncang Kabupaten Garut beberapa waktu lalu. Dia menjelaskan meski gempa dirasakan hampir seluruh wilayah Jawa Barat, Jakarta, dan Banten, saat ini pihaknya belum mendapat laporan adanya kerusakan bangunan.

Dia juga menyebut gempa tersebut diperkirakan tidak diikuti dengan sejumlah gempa kecil seperti saat gempa melanda Kabupaten Cianjur.

"Patut kita syukuri bahwa gempa ini tidak dangkal ya sehingga tidak berpotensi tsunami," jelas Daryono.



(UWA)

Berita Terkait