Ridwan Kamil Sampaikan Prestasi yang Diraih Jawa Barat Saat HUT RI Ke-77

Gubernur Jawa Barat saat menjadi Inspektur Upacara Pengibaran Bendera Sang Merah Putih dalam rangka Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tingkat Provinsi Jawa Barat, di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Rabu (17/8/2022). (ANTARA/Ajat Sudrajat) Gubernur Jawa Barat saat menjadi Inspektur Upacara Pengibaran Bendera Sang Merah Putih dalam rangka Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tingkat Provinsi Jawa Barat, di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Rabu (17/8/2022). (ANTARA/Ajat Sudrajat)

Dadali.id: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyampaikan sejumlah prestasi dan penghargaan yang diraih Provinsi Jawa Barat. Hal itu disampaikannya saat memberikan amanat pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan RI Tingkat Provinsi Jawa Barat, di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Rabu, 17 Agustus 2022.

Kang Emil, sapaannya, menuturkan pada akhir tahun 2021 Kontingen Jawa Barat meraih gelar Juara Umum PON XX di Papua dan mempertahankan gelar yang diraih pada PON XIX yang diselenggarakan di Jawa Barat.

"Hal tersebut menjadi bukti bahwa Jawa Barat menjadi provinsi pertama yang mampu meraih gelar juara umum PON secara back-to-back sejak era reformasi," kata dia, dikutip dari Antara, Rabu, 17 Agustus 2022.

Pemprov Jawa Barat juga mendapat penghargaan dalam aspek lingkungan hidup yakni Nirwasita Tantra dan Kalpataru dari Kementerian Lingkungan Hidup atas kebijakan yang berpihak pada pembangunan yang berkelanjutan.

"Dan masih banyak penghargaan lainnya. Semua prestasi itu adalah bukti nyata keberhasilan Konsep Pentahelix yang kita kembangkan. Semua berperan, beraksi, berkolaborasi, mulai pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi, pengusaha, dan juga media, dalam sebuah kesatuan," kata dia.

"Tidak kurang 345 penghargaan tingkat nasional dan internasional telah dianugerahkan kepada Provinsi Jawa Barat dalam kurun waktu 2018 hingga 2021."

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Ridwan Kamil juga menyinggung tentang pertumbuhan ekonomi Jawa Barat masih menjadi salah satu tertinggi di Pulau Jawa dengan rata-rata pertumbuhannya 5,66 persen. Jawa Barat juga menjadi kelompok tertinggi secara nasional yang rata-rata pertumbuhannya 5,44 persen.



(SUR)

Berita Terkait