BPBD Garut Perbaiki Sekolah Ambruk Akibat Gempa

Petugas mengecek kondisi bangunan sekolah yang ambruk di Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Koramil Cikajang) Petugas mengecek kondisi bangunan sekolah yang ambruk di Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Koramil Cikajang)

Sebuah sekolah di Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, ambruk akibat gempa. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut menyiapkan anggaran dari alokasi biaya tak terduga (BTT) untuk membangun kembali sekolah tersebut.

"Untuk sekolah yang ambruk itu bisa diusulkan perbaikannya dengan segera mengajukan BTT, Dinas Pendidikan bisa mengusulkan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Satria Budi di Garut, dikutip dari Antara, Kamis, 17 November 2022.

Satria menyebut saat ini pihaknya sudah mendapatkan informasi dan melakukan asesmen terhadap bangunan sekolah tersebut.  

Peristiwa ambruknya gedung Sekolah Negeri (SDN) 2 Talagasari itu tidak menimbulkan korban jiwa. Kala itu sedang tidak ada kegiatan belajar.

Sambil menunggu perbaikan, untuk sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah itu dilakukan di tempat lain. Nantinya BPBD Garut berkoordinasi bersama Dinas Pendidikan Jawa Barat terkait pembangunan kembali SDN 2 Talagasari.

"Sementara kegiatan belajar mengajar biasa dilakukan, tapi kami minta ke Dinas Pendidikan untuk melakukan kajian dulu terkait kebutuhan bangunan sekolah itu," katanya.

Ia menyampaikan jika sekolah tersebut dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar maka bisa dialokasikan dari BTT Pemkab Garut tahun 2022 untuk pembangunan kembali.

Namun, kata dia, jika Dinas Pendidikan Garut tidak melakukan kajian dan mengusulkan perbaikan dari anggaran BTT maka perbaikan menggunakan anggaran 2023.

Baca Juga: BPBD Garut Periksa Kerusakan Akibat Angin Puting Beliung

 



(SUR)

Berita Terkait