Prodi Kedokteran UNESA Resmi Dibuka Hari Ini

Ilustrasi Fakultas Kedokteran Unesa (Foto: Medcom.id) Ilustrasi Fakultas Kedokteran Unesa (Foto: Medcom.id)

Surabaya: Universitas Negeri Surabaya (Unesa) resmi membuka Prodi Kedokteran. Pendaftaran itu dapat diikuti mulai hari ini, Selasa, 1 Agustus 2023 sampai dengan 9 Agustus 2023.

Selanjutnya, pendaftar akan mengikuti tes psikologi pada 10 Agustus, disusul tes berbasis komputer di hari Jumat, 11 Agustus 2023. 

Tak perlu menunggu waktu lama, hasil ujian akan diumumkan pada 13 Agustus 2023.

Setelah itu, mahasiswa yang diterima perlu melakukan tes kesehatan pada 14 Agustus dan pendaftaran ulang pada 16-18 Agustus.

Rektor Unesa, Nurhasan, menyebut FK Unesa sudah mempunyai gedung sendiri, persisnya terletak di sebelah kanan gedung rektorat. Sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan akademik maupun praktik mahasiswa-dosen pun telah dilengkapi.

Total, ada 12 laboratorium (lab) dengan berbagai fasilitas pokok dan pendukung. Seperti Lab Anatomi, Patologi Anatomi, Patologi Klinik, Parasitologi, Fisiologi, Mikrobiologi, Biokimia, Histologi, Osce dan Keterampilan Klinik Medis, Kesehatan Masyarakat dan Komunitas, hingga Lab Bioetika dan Humaniora Kesehatan.

Selain itu, pihaknya juga bermitra dengan sejumlah rumah sakit di Surabaya, seperti RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH) dan di kabupaten/kota lain, misalnya RSUD dr. Sayidiman di Magetan.

Ia menuturkan, mitranya itu nanti akan menjadi tempat praktik para mahasiswanya dan dijadikan rumah sakit pendidikan satelit bagi Unesa guna tercapainya kompetensi tenaga kesehatan di bidang kedokteran.

 Namun, ada hal unik dari FK Unesa yang membuatnya berbeda dengan FK di kampus lain, yakni FK Unesa memiliki muatan keolahragaan.

"FK ini merupakan upaya kami dalam menjawab kebutuhan dokter di Indonesia yang masih kurang. Rasio jumlah dokter dengan jumlah penduduk kita yaitu 0,42 dokter per 1.000 populasi. Padahal standar WHO, idealnya satu dokter per 1.000 populasi. Itu yang menjadi semangat kami," ucap Dekan FK Unesa,  Dr. dr. Endang Sri Wahyuni, M.Kes. 

(Tasneem Khaliqa Israkhansa)

 



(SUR)

Berita Terkait