BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Penghujung Agustus

Ilustrasi Cuaca/Medcom.id Ilustrasi Cuaca/Medcom.id

Dadali: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat agar tetap mewaspadai potensi cuaca ekstrem. Cuaca buruk dapat memicu puting beliung, hujan deras disertai kilat, hujan es, dan lainnya.
 
Dikutip dari laman resminya, BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai dampak yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem seperti banjir dan tanah longsor. Termasuk, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.
 
BMKG meramalkan cuaca ekstrem terjadi di sejumlah wilayah pada 22-23 Agustus 2021. Wilayah berpotensi terdampak ialah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Baca juga:  Warga Jabar Waspada! BMKG Ramal Cuaca Ekstrem

Kemudian, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara. Cuaca buruk juga berpeluang terjadi di Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Cuaca ekstrem juga diperkirakan juga terjadi pada 24-26 Agustus 2021 di sejumlah wilayah. Daerah terdampak yakni Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, dan Jawa Barat. Kemudian, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara itu, potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang bersifat lokal akan terjadi di sebagian wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Potensi curah hujan yang cukup signifikan diperkirakan terdapat di sebagian besar wilayah Sulawesi bagian tengah, Maluku, dan Papua.

 



(NAI)

Berita Terkait