Plt Wali Kota Cimahi: Mayoritas PNS Bekerja dari Rumah

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Dadali: Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi akan mendukung pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Jawa-Bali yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Rencananya, PSBB ini akan berlangsung mulai 11 Januari hingga 25 Januari 2021.

Salah satu aturan yang akan diterapkan, yakni pegawai yang boleh bekerja di suatu perusahaan dibatasi hanya 25 persen. “Jadi sebagian besar pegawai akan dirumahkan (bekerja dari rumah) selama pelaksanaan pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Jawa-Bali,” kata Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana, Kamis, 7 Januari 2021, seperti dilansir dari Mediaindonesia.com.

Pihaknya juga akan melakukan pengetatan protokol kesehatan. Posko pemeriksaan atau check point akan didirikan kembali dengan melibatkan kepolisian, TNI, dan berbagai unsur lainnya.

“Selama pembatasan kegiatan sosial masyarakat, kami juga akan kembali mengaktifkan patroli oleh Satgas Covid-19, termasuk Satpol PP, TNI, serta Polri,” ucap Ngatiyana.

Pemberlakuan PSBB Jawa-Bali selama dua minggu, tentunya akan berpengaruh terhadap berbagai sektor. Sektor ekonomi, pendidikan, hingga sektor industri kemungkinan terjadi pengurangan tenaga kerja.

Khusus sektor industri, pihaknya akan mencari solusi terbaik agar para tenaga kerja tidak terlalu terdampak. Salah satunya, Pemkot Cimahi akan mengusulkan kepada perusahaan untuk mempekerjakan sebagian karyawannya di rumah.

“Untuk bantuan sosial, itu harus berdasarkan instruksi dari pusat atau provinsi, kita ikuti saja. Oleh karena itu, kita rencanakan secara matang agar (masyarakat) tidak terlalu terdampak,” ujarnya.

Kegiatan sosial dan pesta pernikahan juga akan ditunda selama PSBB diberlakukan. Segala kegiatan apa pun yang bisa memantik keramaian sebaiknya tidak dilaksanakan. 

"Akan dibuat aturan secepatnya untuk disampaikan ke masyarakat dan pengusaha agar pada saat (PSBB) nanti diterapkan, mereka tidak kaget," ungkapnya.

Semoga dengan diberlakukannya PSBB Jawa-Bali nanti, penyebaran covid-19 bisa ditekan ya teman-teman! Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak) di mana pun kalian berada ya..
 



(SYI)

Berita Terkait