Dadali: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diangkat menjadi brand ambassador produk-produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) unggulan di Jabar dalam program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Kang Emil, sapaan karibnya, bakal meninjau produk UMKM unggulan, terutama yang sudah dipasarkan secara daring.
"Kang Emil sebagai brand ambassador untuk produk UMKM. Nanti akan dikurasi produk UMKM yang kita dorong (dipromosikan) pada April 2021 melalui JaFest 2021," kata Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki saat menghadiri Grand Opening Jabar Culture & Tourism Festival (JaFest) 2021 di Gedung Sate Bandung, Minggu, 21 Maret 2021, seperti dilansir dari Antara.
Teten menuturkan UMKM di Jabar selama April 2021 harus mampu menguasai pasar konsumsi di masyarakat melalui JaFest 2021. Sebab, Jabar menjadi tuan rumahnya gerakan bangga buatan Indonesia.
"Setelah itu kita akan dorong agar produk UMKM yang sudah go digital (dipasarkan secara daring) sepanjang April ini, untuk juga bisa diterima di platform digital global," kata dia.
Baca juga: Program Vaksinasi di Jabar Tak Bisa Hanya Andalkan Puskesmas
Teten menyebut sebanyak 12 juta UMKM sudah masuk ranah digital secara nasional. Pihaknya menargetkan sebanyak 30 juta UMKM akan dipasarkan secara daring pada 2023. Artinya, sebanyak 500 ribu UMKM setiap bulannya akan didorong untuk memanfaatkan aplikasi digital dalam pemasaran produk.
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jabar, Kusmana Hartadji menambahkan Kang Emil sejak lama terus mempromosikan produk UMKM Jabar agar dapat mendunia. Sampai pada akhirnya, Kementerian Koperasi dan UMKM memberikan penghargaan kepada Ridwan Kamil selaku brand ambassador UMKM Jabar.
"Nanti akan diawali peluncuran promosi produk Jabar 2-4 April, tetapi pelaksanaannya selama April 2021. Ini menjadi bentuk bela negara dengan membantu promosi UMKM," kata Kusmana.
Promosi produk UMKM Jabar akan kembali masif dilakukan selama April 2021 pada kegiatan Pekan Kreatif Jabar (PKJB) dan Karya Kreatif Jabar (KKJB) 2021.
(CIA)