Program Kampung Nanasku Bikin Petani Nanas Subang Naik Kelas

Petani nanas di Desa Sarireja, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat (Jabar). Foto: dok Pupuk Indonesia. Petani nanas di Desa Sarireja, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat (Jabar). Foto: dok Pupuk Indonesia.

Dadali: PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC) mengembangkan Kampung Nanasku, program corporate social responsibility, sejak 2018. Program ini berhasil membuat petani nanas di Desa Sarireja, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat, naik kelas. 

"Kampung Nanasku ini diinisiasi oleh Pupuk Kujang Cikampek yang juga sebagai anak perusahaan Pupuk Indonesia. Program CSR ini bergerak di bidang budidaya dan pengolahan nanas," ungkap SVP Komunikasi Korporat Pupuk Indonesia, Wijaya Laksana, dikutip dari Medcom.id, Senin, 8 Agustus 2022.

Program ini memberikan dampak positif bagi 348 petani nanas binaan di wilayah tersebut. Wijaya mengungkapkan kualitas produk nanas petani binaan juga mengalami peningkatan. Produk yang dihasilkan petani mampu masuk standar pasar modern, supermarket, hingga pasar luar negeri.

Petani Kampung Nanasku ini juga berhasil mengolah nanas produksi turunan seperti keripik, sirup, wajit, hingga pupuk organik dari nanas busuk. Petani sedang mendapat pendampingan untuk membuat kain dari daun nanas.

Program pemberdayaan masyarakat ini telah memberikan dampak besar ke pemasukan pendapatan petani yang mencapai Rp72 juta per hektare dan omzet produk olahan mencapai Rp30 juta setiap panen.

Program ini juga memberikan dampak bagi lingkungan karena telah memanfaatkan lahan kritis menjadi lahan budi daya nanas yang produktif. Limbah yang dimanfaatkan pun diolah menjadi produk bernilai tambah.



(SUR)

Berita Terkait