Bogor Darurat Banjir, Sungai Cidurian Meluap dan Melahap Belasan Rumah

Sungai Cidurian, di Kabupaten Bogor, Jawa Barat meluap pada Senin (6/9/2021) mengakibatkan banjir bandang yang menerjang empat kecamatan, yakni Cigudeg, Nanggung, Jasinga, dan Sukajaya. (FOTO ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Bogor) Sungai Cidurian, di Kabupaten Bogor, Jawa Barat meluap pada Senin (6/9/2021) mengakibatkan banjir bandang yang menerjang empat kecamatan, yakni Cigudeg, Nanggung, Jasinga, dan Sukajaya. (FOTO ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Bogor)

Dadali:  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menyebut banjir bandang akibat meluapnya Sungai Cidurian pada Senin, 6 September 2021, petang mengakibatkan robohnya jembatan dan merusak belasan rumah warga.
 
Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor, Adam Hamdani, mengatakan banjir bandang tersebut mengakibatkan kerusakan infrastruktur di empat kecamatan, yakni Cigudeg, Nanggung, Jasinga, dan Sukajaya.
 
"Ada 50 orang santri dan guru di Ponpes Darussalam terisolasi karena jembatan utama yang membentang di atas Sungai Cidurian terbawa arus. Saat ini tim reaksi cepat (TRC) sudah berupaya masuk ke sana," katanya, Selasa, 7 September 2021.

Baca juga: Banjir Bandang Terjadi di Cigudeg Bogor, Ribuan Warga Terdampak

Melansir Medcom.id, Adam mengatakan, khusus di Kecamatan Nanggung, jalan sepanjang delapan meter mengalami longsor, tepatnya di Desa Malasari. Kemudian, di Kampung Cigowong, Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg jembatan bambu ikut terbawa banjir bandang.
 
Selain itu, jembatan penghubung Desa Urug, Kecamatan Sukajaya dengan Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung turut terbawa arus banjir.
 
Demikian pula dengan jembatan menuju Pondok Pesantren Darussalam, Desa Kalongsawah, Kecamatan Jasinga serta jembatan Citalahab, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung yang ikut terbawa arus.
 
"Ini masih laporan ringkas kaji cepat. Pasti data dinamis dan masih bisa berubah," ujarnya.
 
Menurut Adam, data sementara menyatakan penghuni 10 rumah di bantaran Sungai Cidurian yang berlokasi di Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung, terpaksa diungsikan.
 
Dia menjelaskan banjir bandang di Sungai Cidurian tersebut disebabkan curah hujan tinggi sejak sore hingga menjelang malam di wilayah barat Kabupaten Bogor.
 
Sementara itu Camat Cigudeg, Pardi, menambahkan, luapan air Sungai Cidurian berangsur surut pada malam hari. Namun, dia tetap meminta warga di bantaran sungai mengungsi ke tempat yang relatif lebih aman.
 



(NAI)

Berita Terkait