BPBD Bekasi Minta Warga Waspada adanya Potensi Bencana Hidrometeorologi

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Kabupaten Bekasi, Muhammad Said, memimpin simulasi evakuasi mandiri bencana banjir di aluran Kalimalang beberapa waktu lalu. ANTARA/ Pradita Kurniawan Syah Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Kabupaten Bekasi, Muhammad Said, memimpin simulasi evakuasi mandiri bencana banjir di aluran Kalimalang beberapa waktu lalu. ANTARA/ Pradita Kurniawan Syah

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, memberi peringatan potensi terjadinya bencana hidrometeorologi. Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Muhammad Said, mengatakan Bekasi berpotensi mengalami hujan dengan intensitas bervariasi mulai ringan, sedang, hingga lebat disertai angin kencang dan petir.

Terkait hal itu, Said menyebut pihaknya sudah melakukan beberapa langkah kewaspadaan. Ia mengimbau warga untuk  selalu waspada.  

"Kalau melihat intensitas cuaca beberapa hari terakhir ini, potensi bencana bisa terjadi," ujar Said, dilansir dari Medcom.id, Rabu 14 September 2022.

BACA: BNPB: Bencana Hidrometeorologi Masih Berpotensi Terjadi Hingga September

Said meminta warga memastikan saluran air berfungsi dengan baik. Ia juga meminta warga membersihkan aliran sungai  agar tidak tertumpuk sampah.

Pihaknya juga akan menyiapkan personel yang akan berjaga 24 jam penuh. Tugasnya untuk memantau perkembangan cuaca serta hujan yang masih melanda di sejumlah titik Kabupaten Bekasi.

"Kita juga mempersiapkan segala sesuatu, baik secara internal maupun tim BPBD, Tagana yang sudah terbentuk di setiap desa, kelurahan, kemudian relawan dan yang tergabung dan terkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bekasi," kata dia. 



(UWA)

Berita Terkait