Pemkot Cimahi Anggarkan Rp6,4 Miliar untuk Sambungkan PAM ke 1.500 Rumah

Pemkot Cimahi Anggarkan Rp6,4 Miliar untuk Alirkan Air Bersih Baru ke 1.500 Rumah. Foto: Ilustrasi/Freepik Pemkot Cimahi Anggarkan Rp6,4 Miliar untuk Alirkan Air Bersih Baru ke 1.500 Rumah. Foto: Ilustrasi/Freepik

Cimahi: Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi menetapkan target pemasangan pipa air minum (PAM) untuk 1.500 penduduk Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, dan Kelurahan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan, Jawa Barat, pada 2023. Penyambungan pipa PAM ini memakan APBD Kota Cimahi 2023 sebanyak Rp 6,4 miliar

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi, Endang, menyebut proyek pemasangan sambungan air bersih baru tengah memasuki proses lelang.

"Kita sudah mulai untuk tambahan produksinya. Jadi nanti air baku yang diproduksi jadi 80 liter per detik, karena ada tambahan 30 liter per detik," ucap Endang, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi, dikutip dari Antaranews, Selasa, 5 September 2023.

Endang menjelaskan air bersih yang dialirkan ke sambungan baru pipa itu akan didistribusikan dari Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) yang dikelola Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD). Semula SPAM  hanya mengelola 50 liter air bersih per detik setiap harinya untuk menyuplai 4.550 sambungan rumah di wilayah Cigugur tengah  dan Karangmekar, namun kini akan ditingkatkan kapasitasnya.

"Kita sudah mulai untuk tambahan produksinya. Jadi nanti air baku yang diproduksi jadi 80 liter per detik, karena ada tambahan 30 liter per detik," ucap Endang.



(SUR)

Berita Terkait