Gubernur Ridwan Kamil Perbaiki Puluhan Jembatan Rusak Dampak Banjir di Garut

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kanan) meninjau daerah yang terdampak banjir di Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (21/7/2022). (ANTARA/Feri Purnama) Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kanan) meninjau daerah yang terdampak banjir di Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (21/7/2022). (ANTARA/Feri Purnama)

Dadali: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) melakukan berbagai upaya untuk membantu masyarakat dan daerah terdampak banjir bandang di Garut pada Jumat, 15 Juli 2022. Gubernur Jabar Ridwan Kamil memastikan 43 jembatan yang rusak diterjang banjir segera diperbaiki.

"Ini adalah salah satu titik dari 43 titik yang jembatannya hancur, jadi pemerintah Jawa Barat akan membantu, titik-titik ini," kata Kang Emil dikutip dari Antara, Kamis, 21 Juli 2022.

Pemerintah akan membuatkan jembatan sementara serta menyiapkan petugas untuk membantu membantu warga menyeberang saat beraktivitas.

"Sekitar tiga sampai empat bulan, jembatan permanennya akan diselesaikan dengan dinaikkan ketinggian, karena hasil kajiannya ternyata ada kenaikan level banjir, sehingga ditinggikan minimal 2 meter," katanya.

Perbaikan akan dilakukan pemerintah daerah masing-masing. Namun, Pemprov Jabar siap membantu mengalokasikan anggaran untuk perbaikan jembatan yang terdampak banjir di Garut. 

"Mayoritas akan dibantu dari dana provinsi, insya Allah jangan khawatir," katanya.

Banjir bandang di Garut menerjang 14 kecamatan dan menyebabkan sekitar 6.000 rumah terendam air. Peristiwa itu menyebabkan kerusakan rumah dan fasilitas umum lainnya walau tidak menimbulkan korban jiwa.

 



(SUR)

Berita Terkait