Jelang Libur Waisak, Ini Upaya Polda Jabar Antisipasi Gelombang Wisatawan

Kendaraan wisatawan memadati kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, pada saat libur Lebaran 2022. Foto: Antara/Bagus Ahmad Rizaldi Kendaraan wisatawan memadati kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, pada saat libur Lebaran 2022. Foto: Antara/Bagus Ahmad Rizaldi

Bandung: Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) mengantisipasi potensi gelombang wisatawan di Jawa Barat menjelang Hari Raya Waisak pada 16 Mei 2022. Diprediksi, jumlah wisatawan masih banyak akibat pelonggaran mobilitas warga sejak libur Lebaran 2022.

"Kita antisipasi karena spiritnya masyarakat masih seperti Lebaran setelah dua tahun tidak diberi kelonggaran, jadi tempat wisata juga kita antisipasi," ucap Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Ibrahim Tompo, di Bandung, dilansir dari Antara, Jumat, 13 Mei 2022.

Menurut Ibrahim, pandemi covid-19 belum berakhir meski mobilitas warga telah dilonggarkan. Personel kepolisian bakal tetap mengecek ketaatan pengelola tempat wisata dalam menerapkan protokol kesehatan dan batas kapasitas pengunjung.

Baca: 381 Sapi di 9 Kabupaten Garut Terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku

"Saat ini khususnya wilayah Bandung masih PPKM Level 2, kapasitasnya disesuaikan dengan Level 2," jelas dia.

Polda Jabar juga meningkatkan antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat pada saat libur panjang Waisak tersebut. Seperti, menggelar Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KRYD) sebagai pengganti Operasi Ketupat 2022.

"Atas atensi Kapolda, sudah dilakukan persiapan, sudah diberikan atensi kepada seluruh satuan wilayah untuk mempersiapkan KRYD," kata Ibrahim.



(UWA)

Berita Terkait